Portal Berita Papua Barat

Penumpang Bandara Rendani Melebihi Kapasitas, Per Hari Capai 850 Orang

0 516

- Advertisement -

Tampak terparkir beberapa pesawat di Apron Bandara Rendani Manokwari, saat delay beberapa waktu lalu
Papuabaratoke.com – Jumlah penumpang di Bandara Udara Rendani Manokwari setiap harinya mencapai 850 orang. Jumlah tersebut melebihi kapasitas bandara yang seharusnya hanya 137 orang per hari.

Hal tersebut diungkapkan Kepala UPBU Kelas II Rendani Manokwari melalui Kasubag TU, Serly Mokoginta, Selasa (29/1/19).

“Per hari mencapai 850 penumpang,  padahal kapasitas terminal Bandara Rendani 137 orang,” katanya.

Serly juga menuturkan jumlah penumpang di Bandar Udara Rendani Manokwari per 2018 lalu mencapai 306 ribu penumpang.

“Peminat transporatsi udara di Manokwari menunjukkan perkembangan yang luar biasa, setiap tahun mengalami peningkatan, jauh melebihi kapasitas bandara,” terangnya.

Serly Mokoginta, Kasubag TU, UPBU Kelas II Rendani Manokwari. (istimewa)

Serly mengatakan, Bandara Rendani saat ini masih tipe klas II. Ia berharap ke depan bisa naik menjadi tipe klas I.

“Disitu akan dikembangkan lagi, perluasan dan pengembangan Bandara Rendani. Tentunya ini perlu dukungan pemerintah daerah dan masyarakat untuk kemajuan daerah,” katanya.

Menurutnya, kemajuan suatu daerah bisa dilihat dari perkembangan kepadatan penumpang di bandar udara, termasuk lalu lintas di jalanan mulai ada kemacetan.

Bandara Rendani berada di Ibu Kota Provinsi Papua Barat. Beberapa Kabupaten yang dilalui pesawat dari  bandara Rendani Manokwari, antara lain, Kabupaten Teluk Bintuni, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, dan Teluk Wondama.

Terkait pendapatan Bandara Rendani Manokwari yang disetorkan langsung ke kas negara atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) sebesar Rp 12 miliar, sesuai dengan PP nomor 15 tahun 2016, meliputi pendapatan dari PJP2U (Pelayanan Jasa PenumpangPesawat Udara) dan PJP4U (Pelayanan Jasa Pendaratan Penempatan dan Penyimpanan Pesawat Udara).

“jadi target kami tahun lalu senilai Rp11 miliar itu tercapai dan melibihi target. Untuk aset keseluruhan yang dimiliki Bandara Rendani, baik tanah dan bangunannya nilainya  Rp. 1,1 triliun,” tandas Serly. (wm/pboke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!