Portal Berita Papua Barat

Perda Miras Bakal Diterapkan di Papua Barat

0 62
Perda Miras Bakal Diterapkan di Papua Barat
Perda Miras Bakal Diterapkan di Papua Barat – Menteri PPPA, Yohana Susana Yembise
Manokwari, Papuabaratoke.comPerda Miras Bakal Diterapkan di Papua Barat. Wakil Gubernur Papua Barat Mohammad Lakotani mengemukakan, wacana pemberlakuan Peraturan Daerah (Perda) tentang pelarangan peredaran minuman keras (miras) di tingkat kabupaten/kota se-Papua Barat.

“Miras ini sering menjadi sumber masalah. Kita berlakukan perda miras untuk satu provinsi ini. Mohon doa dan dukungan supaya ini bisa segera direalisasikan. Berapa pajak-pajak yang dihasilkan dari miras, tetapi yang harus dipikirkan berapa kerusakan yang diterjadi akibat minuman keras,” ujar wagub.

Pernyataan soal wacana itu diapungkan Wagub Lakotani saat menjadi narasumber pada acara dialog interaktif bersama anak-anak eks pengguna narkotika psikotropika dan zat adiktif (napza) dan masyarakat umum di salah satu hotel di daerah ini, Senin (2/10/2017).

Dialog tersebut terselenggara atas kerjasama KPPPA, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan KB (BP3A dan KB) serta Pengurus PKK Provinsi Papua Barat. Acara tersebut turut dihadiri Menteri PPPA, Yoahan Susana Yembisa, Wakapolda Papua Barat, Kasdam XVIII Kasuari, dan LO Kejaksaan Tinggi Papua Barat serta tamu undangan lainnya.

(Kiri-kanan). Wakil Gubernur Mohammad Lakotani, Menteri PPPA, Yohana Susana Yembise, Ketua PKK Provinsi Papua Barat, Yuliana Mandacan, perwakilan BNN PB, dr. Damanik saat menjadi narasumber dalam acara dialog interaktif

Menteri Yohana mengaku, kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang terjadi di Tanah Papua hampir sebagian besar dipicu oleh miras. “Pemicu kasus KDRT dalam rumah tangga adalah miras. Perda Miras harus lebih tegas. Di Daerah lain, Satpol PP-nya gencar melakukan sidak terutama pada malam hari,” ujar menteri yang akrab disapa – Mama Yo ini.

Baca Juga:  Polda PB Disorot, Kapolri Diminta Perjelas Kasus Eks Bupati Sorsel

Dalam satu kesempatan, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyatakan, mendukung Pemerintah Kabupaten/Kota yang menerapkan Perda tentang pelarangan miras. Dicontohkannya, Perda miras yang diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Manokwari masih lemah dari sisi penegakan sanski terhadap para pelanggara miras.
“Pasal-pasal yang ada di dalam Perda harus ditinjau kembali agar memberikan efek jera. Perda akan berlaku efektif jika pengawasannya mendapat dukungan bersama masyarakat, aparat penegak hukum dan masyarakat,” ucap gubernur. (ARF/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!