Portal Berita Papua Barat

Permudah Sistem Pendaftaran, BPJS Kesehatan Gunakan Sistem Dropbox

0 44

Manokwari, Papuabaratoke.com – BPJS Kesehatan Wilayah Papua Barat, menggelar Sosialisasi Sistem Pendaftaran Baru bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Manokwari.

Untuk mengurangi jumlah antrian, BPJS Kesehatan Papua Barat menggunakan sitem Dropbox.  Sistem ini sudah di operasikan sejak beberapa bulan lalu dan mulai semakin gencar dilaksanakan di Manokwari.

Dalam sistem dropbox ini, peserta datang untuk memverifikasi datanya, kemudian petugas jaga akan berikan tanda terima.

Kepala BPJS Kesehatan Wilayah Papua Barat, Florinsye Tamonob, mengatakan, sistem ini bisa memotong antrean panjang. “Jika biasanya masyarakat harus menunggu hingga dua jam untuk menyelesaikan pendaftaran, kini mungkin cukup hanya lima menit saja jika persyaratannya sudah lengkap,”ujarnya.

Masyarakat yang akan mendaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan kini hanya tinggal menyiapkan persyaratan berupa Nomor Kartu Keluarga (Foto kopi Kartu Keluarga), Nomor Induk Kependudukan (Foto kopi KTP), menyertakan alamat domisili lengkap, nomor ponsel aktif yang bisa dihubungi, dan alamat e-mail.

Lanjutnya, setelah persyaratan disimpan di dalam box, calon peserta sudah boleh pulang dan tinggal menunggu konfirmasi dan mendapatkan nomor Virtual Account melalui SMS. Jika ada data yang kurang lengkap, pihak BPJS Kesehatan akan mengonfirmasi secara langsung melalui telepon. Seluruh proses pemasukan data tersebut akan dilaksanakan pada hari yang sama.

Dropbox ini juga akan diletakkan di kantor-kantor kecamatan dan pusat-pusat perbelanjaan untuk memudahkan masyarakat menjangkau BPJS Kesehatan.Namun demikian agar tetap memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan, BPJS Kesehatan memiliki Mobile Care yang datang ke pusat-pusat aktivitas masyarakat, seperti pasar dan kantor Distrik.

Salah satu alasan memilih sosialisasi di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, karena setiap hari kantor yang terletak di samping Polda Papua Barat ini sangat ramai sehingga masyarakat dapat membaca ketika datang mengurus surat-surat identitas.  BPJS Kesehatan Wilayah Papua Barat hadir untuk melayani peserta di wilayah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Papua Barat.(VWM/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com