Portal Berita Papua Barat

Puluhan tim Nusantara sehat disebar di sejumlah daerah terpencil

0 132

Manokwari, Papuabaratoke.com – Provinsi Papua Barat telah menerima penugasan sebanyak 22 Tim Nusantara Sehat batch 2 sampai dengan batch 7.

Tim tersebut ditempatkan di 22 Puskesmas di Kabupaten Raja Ampat, Sorong Selatan, Tambrauw, Kaimana, Fakfak dan Maybrat. Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat dr. Victor Eka Nugrahaputra, M.Kes menatakan Program Nusantara Sehat Berbasis Tim adalah program Kementerian Kesehatan RI.

“Proram ini untuk mengisi kekurangan jenis dan jumlah tenaga kesehatan di puskesmas terpencil dan sangat terpencil,” kata Victor ketika dikonfirmasi, Selasa (5/9/2017).

 

Pada penugasan Tim Nusantara Sehat batch 7 ini, pada 29 Agustus 2017 lalu, Provinsi Papua Barat telah menerima empat tim yang ditempatkan di Puskesmas Kiruru dan Puskesmas Yamor, Kabupaten Kaimana; Puskesmas Mare, Kabupaten Maybrat; dan Puskesmas Urbinasopen, Kabupaten Raja Ampat.

Kata Victor, total seluruh anggota tim sebanyak 24 orang dari berbagai jenis tenaga kesehatan, yaitu dokter, perawat, bidan, apoteker, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga gizi dan analis laboratorium.

“Tim diberangkatkan ke masing-masin kabupaten didampingi oleh pendamping dari Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat. Telah dilakukan serah terima dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat ke masin-masin Dinas Kesehatan Kabupaten,” jelasnya.

Dalam keteranannya, Victor melanjutkan, penempatan Tim Sehat Nusantara diusulkan oleh Kabupaten ke Provinsi. Lalu dari Provinsi ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Selanjutnya, Kemenkes melakukan survei ke lokasi penempatan.

 

“Kalau dinyatakan memenuhi syarat, maka dilakukan MoU antara Kemenkes dan Bupati. Tim dituaskan selama 2 tahun,” ujarnya lai sembari menatakan dirinya sebaai pendamping Provinsi untuk Tim Nusantara Sehat ke Puskesmas Yamor, Kaimana.

Victor menambahkan, pada 19 September – 2 Oktober, akan dilakukan evaluasi Nusantara Sehat batch 2 yang ditempatkan di Puskesmas Dorekhar Kabupaten Raja Ampat.

Baca Juga:  Robby Nauw: AHY ke Raja Ampat Tidak Perlu Ditanggapi Negatif

“Yang akan melaksanakan evaluasi adalah Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI. Kalau monev selama ini telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten dan Dinas Kesehatan Provinsi,” imbuhnya. (ARF/PBOke).

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com