Portal Berita Papua Barat

Rayakan Dies Natalis UNIPA, Fakultas MIPA Kenalkan Bidang MIPA Kepada Pelajar

2
Dies Natalis UNIPA
Dies Natalis UNIPA – Fakultas MIPA Kenalkan Bidang MIPA Kepada Pelajar
Manokwari, Papuabaratoke.comDies Natalis UNIPA. Perayaan  dies natalies Universitas Papua ke 17 pada 23 Oktober kemarin, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menggelar  kegiatan Open Lab bagi pelajar tingkat SD dan SMA/SMK di daerah ini.

Dekan FMIPA, Dr. Drs. Bimo Santosa, M.Sc, Selasa (24/10/2017) mengaku, kegiatan open lab  tersebut melibatan 4 Jurusan MIPA, yakni Jurusan Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika.

Dekan FMIPA, Dr. Drs. Bimo Santosa, M.Sc

“Kegiatan ini sengaja dilaksanakan dan ditujukan bagi adik-adik sekolahan supaya ke depannya mereka punya wawasan terbuka di bidang MIPA sehingga kesan jurusan MIPA menakutkan itu tidak terbukti,” ujarnya.

Dijelaskan, open lab ini memperlihatkan apa yang ada di bidang MIPA, seperti jurusan matematika memperlihatkan software dan hal-hal yang terkait dengan jurusan itu. “Kalau Jurusan Biologi dikasih lihat specimen hewan seperti serangga, ular, hewan mamalia dan lainnya, juga tumbuhan yang telah diawetkan, dikasih tahu nama-namanya dan manfaatnya,” papar Bimo.

 

Jurusan Kimia, lanjut Bimo, diperlihatkan hasil-hasil penelitian dosen, mahasiswa serta bahan-bahan kimia dan alat-alat yang sering digunakan untuk meneliti. “Seperti halnya jurusan lainnya, Fisika juga mempertontonkan alat-alat yang terkait dengan dunia fisika, diselingi beberapa games (permainan) yang menyangkut jurusan fisika,” ungkapnya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Dosen Kimia tersebut, mengimbau pihak Universitas untuk memberikan bantuan dana untuk kegiatan open lab pada waktu berikutnya, sehingga kegiatan serupa dapat diselenggarakan dengan konsep yang berbeda dan akomodatif.

 

“Kami inginkan ada perhatian dari pihak Unipa karena open lab kali ini dilakukan dengan dana masing-masing jurusan dan dibantu juga sama fakultas MIPA. Dirharapkan dengan open lab ini, adik-adik SD, SMA dan SMK bisa membuka pola pikir untuk tertarik masuk di MIPA,” ucap Bimo. (TOM/PBOke)

Comments
error: Content is protected !!