Portal Berita Papua Barat

Reformasi Menyeluruh Dan Konsisten, Kunci Polri Hadapi Masa Depan

0 0

Manokwari, Papuabaratoke.com – Penanganan terorisme, pengungkapan nakoba dan penanganan berbagai kasus oleh Kepolisian Republik Indonesia, menjadi perhatian publik. Termasuk pengamanan agenda baik bersifat nasional dan internasional.

“Pengabdian Polri selama 71 Tahun banyak berperan untuk menciptakan Kamtibmas. Banyak prestasi yang berhasil dibuat Polri,” demikian sambutan Presiden RI, Joko Widodo, yang dibacakan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, saat HUT ke-71 Bhayangkara di Lapangan Borarsi Manokwari, Senin (10 Juli 2017).

Peringtan HUT Bhayangkara juga diharapkan tidak sekedar acara seremonial, namun lebih kepada refleksi untuk optimalisasikan tugas dan pengabdian, secara khusus untuk melayani masyarakat.

Dengan refkeksi dini, kata Presiden, Polri tak hanya melihat kelebihan namun pula mampu mendeteksi kelemahan dan kekurangan. Selain itu, juga untuk melakukan reformasi dan perubahan yang konsisten dan positif.

“Tugas kedepan sangat berat dan kompleks. Situasi keamanan dalam negeri kian kompleks, diwarnai kejahatan konvensional serta transaksional dan kejahatan terhadap kekayaan negara,” terang Presiden.

Ditambahkan, gangguan Kamtibmas dan tindak kejahatan akan berkembang, baik melalui pola teknologi dan modusnya. Sementara, tuntutan masyarakat juga meningkat.

“Saya ingatkan, reformasi Polri yang menyeluruh dan konsisten adalah keniscayaan sekaligus kunci menghadapi masa depan,” pesan Presiden.

Di bidang pemeliharaan Kamtibmas, Polri diminta mengedepankan tindakan penangkalan dan pencegahan. Polri diminta pula tak menyulitkan masyarakat dengan memberi pelayanan yang mudah dan jelas.

“Hindari calo pada semua titik layanan Polri termasuk pungutan tambahan. Optimalkan layanan dengan sistem online dan wujudkan pelayanan publik yang responsif dan praktif,” papar Presiden.

Kehadiran Polri diharapkan memberi rasa aman dan  nyaman serta harmonis dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat.

Peringatan HUT ke-71 Polri di Manokwari ini juga dihadiri sejumlah pejabat, diantaranya Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI Joppie Onesimus Wayangkau, Kabinda Papua Barat,  A.H. Napoleon, Kakwarda Gerakan Pramuka PB, Ir. M.L.Rumadas, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Tokoh perempuan dan pihak BUMN serta Forkopimda di Papua Barat.(ARN/PBOKe)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!