Portal Berita Papua Barat

Rekrutan TKA Harus Sesuai Aturan Dan Tak Tutup Peluang TK Lokal

0 7
Rekrutan TKA Harus Sesuai Aturan
Tenaga Kerja Asing (TKA), RombonganDPD RI Bertemu Pemprov Papua Barat Di Kantor Gubernur (Photo: *1/Pboke)

Manokwari, Papuabaratoke.comRekrutan TKA Harus Sesuai Aturan. Pansus DPD RI tentang Tenaga Kerja Asing (TKA), Kamis (14/9/2017), bertemu Pemprov Papua Barat di Kantor Gubernur.

Rombongan yang dipimpin Senator asal Papua Barat, Mamberob Rumakiek ini, ditemui Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani. Mamberob mengaku selain ke Manokwari, Pansus DPD RI juga berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau dan Jawa Timur.

“Tim ingin meliat langsung, apakah TKA yang ada legal atau tidak, sesuai standart rekrutan. Apalagi TKA bisa menutup peluang kerja pekerja lokal,” ujarnya.
Berdasarkan pemaparan dari sejumlah instansi, ditenggarai adanya bebas Visa yang diterapkan pemerintah menjadi celah bagi TKA illegal.

“Kebijakan bebas Visa juga diduga jadi masalah. Butuh kordinasi lintas instansi. Visa wisata malah dijadikan untuk bekerja dan ini jadi masalah,” tegasnya.

Karena belum memiliki data yang akurat, Wagub mengaku akan ada pendataan TKA kedepan dari berbagai
level pekerjaan. Ia meminta Investor perlahan memberdayakan tenaga kerja lokal, terlebih lagi asli Papua.

Hal tersebut sebagai upaya untuk menekan angka pengangguran di Papua Barat yang cenderung tinggi jika dibandingkan dengan jumlah penduduk. Selain jajaran Pemprov Papua Barat, pertemuan ini juga dihadiri perwakilan Polda, Kodam, Kantor Imigrasi maupun PT Semen Maruni. (*1/Pboke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!