Portal Berita Papua Barat

Rp 1,4 Triliun Siap Dikucurkan Dorong Pembangunan Jalan dan Jembatan

0 33
Rombongan Gubernur Papua Barat dan Dinas PU PB, saat meninjau lokasi untuk pembangunan jl lingkar luar ibu kota Provinsi PB Manokwari (foto: Istimewa)

Manokwari,Papuabaratoke.com – Program dan kegiatan Tahun Anggaran 2018 di bidang infrastruktur masih difokuskan pada pembangunan infrastruktur dasar, seperti jalan dan jembatan.

Pemerintah Provinsi Papua Barat kembali mendorong pembangunan infrastruktur ini dengan mengusulkan anggaran berkisar Rp1,4 triliun.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Samy Djunire Saiba mengatakan, prioritas pada pembangunan di bidang tersebut, meliputi pembangunan jalan dan jembatan dan peningkatan mutu serta perawatan jalan dan jembatan.

“Fokus pembangunan ini dalam rangka mewujudkan salah satu visi dan misi gubernur papua barat, yaitu percepatan konektivitas antar kabupaten dan kota sehingga peningkatan dana difokuskan pada pembangunan infrastruktur dasar,” katanya.

Kata Samy, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan mendapat dukungan anggaran yang cukup maksimal dari pemerintah daerah. Di mana, pagu anggaran dinas Pekerjaan Umum tahun anggaran 2018 diusulkan sebesar 1,4 triliun rupiah lebih. “Nilainya ada peningkatan dari tahun sebelumnya karena DTI (dana tambahan infrastruktur) kita meningkat,” bebernya, Jumat, (06/01/2018).

Meski DTI yang dikelola meningkat, lanjutnya, terjadi pengurangan anggaran. Karena, di tahun anggaran 2018, Dinas Pekerjaan Umum tidak lagi mengelola dana Otonomi khusus. Dana ini langsung diturunkan ke kabupaten dan kota.

“Ini sesuai dengan arahan pak gubernur. Di mana, komitmen beliau bahwa dana tersebut digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat asli Papua di Provinsi Papua Barat,” pungkasnya.

Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
error: Content is protected !!