Portal Berita Papua Barat

Rumah, Air Bersih, dan Talud Prioritas Bagi Warga Biryosi

0 23
Warga Biryosi
Anggota DPR PB Jhon Dimara dan Kepala BPBD Provinsi PB saat meninjau, kompleks Biriyosi Pasca Musibah Angin Kencang dan Gelombang Besar (Foto: Istimewa)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Warga Biryosi. Musibah yang menimpa 50 Kepala Keluarga (KK) di Kompleks Biryosi, Kelurahan Sanggeng, Distrik Manokwari Barat, Jumat (8/9/2017) dini hari tadi. Menguak sejumlah persoalan baru.

Anggota DPR Papua Barat (DPR PB), Jhon Dimara mengatakan bukan hanya ancaman abrasi yang harus dihadapi warga di daerah itu.

Ketersediaan rumah layak huni, air bersih, dan pembangunan talud menjadi kebutuhan prioritas yang perlu mendapat perhatian pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi.

“Biryosi adalah salah satu derah yang berda di tengah-tengah kota yang hingga kini belum tersentuh.  Belum ada pembangunan rumah layak huni, air bersih sulit diakses, dan pembangunan talud belum ada sama sekali,” ujar Jhon.

Sebanyak 50 rumah di Kompleks Biryosi rusak akibat dihantam angin kencang dan gelombang pasang. Meski demikian, tak ada warga yang mengungsi akibat musibah ini.

“Saya akan sampaika kepada pimpinan dewan agar mendorong alokasi anggaran untuk mendukung pembangunan fasilitas yang dibutuhkan maamsyarakat Biryosi,” kata dia.

Dia menambahkan dengan melihat kondisi yang ada di daerah tersebut. Sudah seharusnya ada penanganan serius dari pemerintah.

” Badan Penanggulangan Bencana Daerah perlu berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanganannya.

Bisa juga menggunakan dana taktis yang ada di pos dana tak terduga yang mencapai 10 miliar,” pungkasnya. (ARF/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com