Portal Berita Papua Barat

Senator Asal Papua Barat Ajak Gereja dan Masyarakat Tanah Papua Perkuat Nilai Toleransi

0 217
Perkuat Nilai Toleransi
Perkuat Nilai Toleransi – Mamberob Yosephus Rumaikiek, S.Si.,M.Kesos,saat penyampaian Materi Sosialisasi Empat pilar Kebangsaan di Kota Sorong (11/2/2018). (Foto: Ist)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Perkuat Nilai Toleransi.  Anggota DPD RI atau Senator asal Papua Barat, Mamberob Yosephus Rumakiek, kembali mengajak gereja dan masyarakat di tanah Papua perkuat nilai-nilai toleransi.

Hal ini dinyatakannya saat memberikan pemahaman empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara lewat sosialisasi yang disampaikannya kepada 150 orang warga gereja, Jemaaat Rut Lidia KM.12, kota Sorong, Minggu (11/2/2018) lalu.

Melalui sosialisasi yang disampaikannya itu, ia mengajak warga gereja tetap pertahankan nilai-nilai toleransi yang sudah ada sejak dahulu.

“Saya mengajak warga gereja untuk mempertahankan nilai-nilai toleransi yang sudah ada di dalam kehidupan bergereja dan kehidupan orang Papua sejak zaman dahulu,” imbuhnya.

kehidupan berdampingan dengan saudara-saudara yang berbeda suku, ras dan agama, perbedaan itu bukanlah suatu hal yang baru. Dan kata dia sejak dulu di Papua selalu hidup rukun tanpa konflik karena perbedaan, perbedaan dan kehidupan toleransi yang telah dipertotonkan nenek moyang.

“Kita sejak dahulu kita sudah jaga nilai-nalai toleransi. Dan patutlah kita pertahankan karena hal waris yang tidak ternilai harganya, jauh lebih berharga,” serunya.

Dijelaskannya, nilai-nilai yang terkandung di dalam empat pilar kebangsaan adalah dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Untuk itu harus terus dipelihara karena sangat tepat dengan ajaran agama dan juga adat istiadat di Papua.

Program sosialisasi Empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika yang digenjot oleh MPR-RI tersebut, harus benar-benar diamalkan masyarakat Indonesia dan terus disosialisasikan.

“Maka saya akan terus mensosialisasi pada kesempatan-kesempatan kunjungan kerja saya, melalui reses. Saya juga mengajak seluruh masyarakat Papua dan Papua Barat agar tetap menjaga toleransi. Bukan saja warga gereja namun saya mengajak seluruh lapisan masyarakat Papua dan Papua Barat agar tetap pertahankan nilai-nilai toleransi, kebersamaan, keberagaman dan perbedaan suku, ras dan agama yang sejak lama sudah dibangun orang-orang tua kita,” tutup Mamberob Yosephus Rumakiek, S.Si, M.Kesos, yang juga adalah mantan ketua umum GMKI Indonesia.

Baca Juga:  Gempa Bumi Guncang Sorong
Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com