Portal Berita Papua Barat

Senator, Mervin Komber : Program Tol Laut Harus Pecahkan Ketimpangan Harga di Papua Barat

0 361
Program Tol Laut
Program Tol Laut – Anggota DPD RI dapil Papua Barat, Mervin I.S. Komber (Tengah) kemeja dan Kepala Kantor DPD RI perwakilan Papua Barat, Alfonsius Rudy Dagomes bersama stafnya. (Foto: Clemens Mandacan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Program Tol Laut.  Ketua Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) perwakilan Papua Barat, Mervin Irian Sadipun Komber mengungkapkan, program tol laut yang menjadi nawacita Presiden Joko Widodo, diharapkan mampu menjawab kesenjangan dan ketimpangan harga di Papua Barat.

Menurut Mervin, program ini semestinya tak dilihat dari kaca mata politik saja, namun perlu didorong sehingga menghasilkan manfaat dan berjalan sebagaimana tujuannya.

“Program tol laut harus mampu pecahkan ketimpangan sejumlah harga barang di (Papua Barat, red) daerah. Dan mampu menyejahterakan rakyat Indonesia, dan lebih khususnya rakyat di Papua,” kata Mervin Komber kepada PBOKe (Papuabaratoke.com), Sabtu (24/2/2018).

Sebelumnya, lanjut dia, PT. Pelni turut serta dengan program dimaksud, namun belakangan diketahui tak terlibat.

Dia menjelaskan, program yang dicetuskan di pemerintahan Jokowi ini semestinya dikelola dengan sungguh-sungguh sehingga berdampak bukan saja kepada penguasa bisnis, melainkan harus menguntungkan rakyat kecil.

“Harga barang tidak berubah di Papua, maka harus dipikirkan secara baik sebagaimana tujuan program tol laut. Sebab program ini khusunya di Papua dan Papua Baratu, untuk menjawab ketimpangan perbedaan harga barang di barat dan timur Indonesia,” katanya.

Dikatakan, jangan sampe program tol laut membebankan pengusaha, sebab ketika kapal tol laut mendatangkan sejumlah barang, namun saat akan kembali ke Jakarta tak tak ada barang yang dimuat, maka ini mempengaruhi tak optimalnya program tol laut di Papua Barat.

“Memang saya pikir kalau boleh harus maksimalkan PT. Pelni dan kita harus perhatikan mereka yang kerja di hilir Pelni, sehingga setiap masuknya barang harus maksimal,” pinta dia.

Program Tol Laut
Anggota DPD RI dapil Papua Barat, Mervin I.S. Komber. (Foto: Clemens Mandacan/PBOKe)

Ia pun menyarankan untuk kebijakan program tol laut harus ditinjau kembali. Dikarenakan saat ini program tersebut seakan membingungkan masyarakat lantaran kurang efektif khususnya di Papua dan Papua Barat.

Baca Juga:  Mervin Komber Desak Pemerintah Benahi Infrastruktur Papua Barat

“Jadi ini yang harus kita dorong bersama dan tentunya ini menjadi PR kami agar program ini betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tutup pria kelahiran Fak-fak 36 tahun silam.

Penulis: Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com