Portal Berita Papua Barat

Terapkan e-Samsat, Mandacan Minta Semua Pihak Kerjasama

0 9
Terapkan e-Samsat
Suasana saat launching e-Samsat oleh Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Didampingi Kapolda Papua Barat & Pimpinan SKPD terkait. (Photo: ARF/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.comTerapkan e-Samsat. Kerjasama dan keseriusan serta partisipasi semua pihak terkait penerapan layanan e-Samsat sangat dibutuhkan. Kerjasama tersebut, dibutuhkan untuk mengoptimalkan pendapatan yang bersumber dari pajak dan retribusi kendaraan bermotor dalam rangka mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal itu disampaikan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan saat membuka rakoonis samsat se-Papua Barat sekaligus me-launching layanan e-samsat di salah satu hotel di daerah ini, Selasa (26/9/2017)
“Partisipasi dan keseriusan dibutuhkan untuk optimalkan potensi daerah serta peningkatan pelayanan untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Dominggus.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dominggus mengungkapkan, dalam urusan pemerintahan ada pembagian tugas dan wewenang. Dan, ini berlaku juga dalam urusan pemungutan pajak dan retribusi.
“Papua Barat potensi ada tetapi kewenangan ada pada pemerintah pusat sehingga optimalisasi pendapatan masih susah. Ini berlaku pada pemungutan sejumlah pajak penjualan karena dipengaruhi keterjangkauan,” ujarnya.

Selain kerjasama, gubernur melanjutkan, layananan e-samsat adalah bentuk itensifikasi yang bertujuan membantu wajib pajak dalam mendapat layanan yang optimal.
“Pelayanan ini butuh regulasi dan layanan yang transparan serta berkeadilan dalam pembayaran dan pemanfaatan pajak,” ucap Dominggus.

Rakoornis Samsat yang digelar, dinilai penting di tengah perubahan kelembagaan. Dengan demikian, diharapkan, dapat merekomendasikan pengaturan pemungutan dan perluas basis pendapatan sesuai perimbangan keuangan dan pajak serta retribusi.
“Pelaku ekonomi, pemerintah daerah dan pemerintah pusat harus bersama sama perbaiki kualitas layanan, menata potensi serta regulasi sehingga mampu tingkatkan basis pendapatan. Ini sesuai tema rakoorinis “bersama tingkatkan pendapatan daerah”,” kata Dominggus lagi.

Dalam arahannya, Dominggus kembali mengingatkan soal peningkatan pelayanan publik. Langkah ini penting dilakukan guna meningkatkan partisipasi wajib pajak termasuk menata organisasi dan pengelolaan potensi daerah (pajak dan retribusi) sehingga maksimal.

Baca Juga:  Rombak Kabinet 80 Persen, Gubernur Dominggus Diminta Abaikan Titipan Timses

“Ini dibutuhkan kerjasama pemda, kepolisian dan jasa raharja yang baik guna hasilkan layanan berkualitas. Pembangunan e-samsat adalah bukti keseriusan perbaikan pelayanan dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan yang transparan,” terangnya.

Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat, Brigader Jenderal Polisi Rudolf Albert Rodja dalam sambutannya mengaku pembangunam e-Samsat di Papua Barat merupakan suatu prestasi dan tuntutan era globalisasi. Di mana, masyarakat butuh layanan cepat tepat dan transparan. Sehingga aplikasi tersebut tepat dalam implementasi.
“e-Samsat bagi Polri diprioritaskan bagi polda se-Jawa dan Bali. Di Papua Barat, ini suatu prestasi,”ujarnya.

Terapkan e-Samsat
Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Papua Barat Charles Hutahuruk. (Photo: ARF/PBOke)

Terpisah Kepala Dinas Pendapatan Daerah Charles Hutahuruk mengatakan, layanan e-Samsat adalah rekomendasi KPK sebagai upaya dari peningkatan pelayanan publik. “Dan bisa diterapkan di Papua Barat,” pungkasnya.
Terhitung mulai hari ini, layanan e-samsat resmi dilucurkan di 12 Kabupaten dn satu Kota. Prograam ini dilaksanakan atas kerjasama Polda, Samsat, Jasaraharja, dan Bank Papua.

Tujuan program ini adalah meningkatkan pelayanan terpadu, kepercayaan dan pengawasan. Kemudahannya adalah, masyarakat bisa membayar pajak kendaraan bermotor melalui transaksi bank dengan menggunakan kartu ATM (automatic teller machine) Bank Papua. (ARF/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!