Portal Berita Papua Barat

Tongkang Misterius Kandas di Perairan Tambrauw

0 36
Tongkang Misterius Kandas
Tongkang Misterius Kandas – Tongkang Misterius Yang Kandas di antara wilayah perairan Arfu dan Mumbrani.(Foto: BPBD Provinsi Papua Barat)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Tongkang Misterius Kandas.  Insiden kecelakaan laut kembali terjadi di antara wilayah perairan Arfu dan Mumbrani, Kabupaten Tambrauw tepatnya 500 meter dari bibir pantai Kampung Bariambeker. Peristiwa naas itu menimpa sebuah tongkang. Hingga kini, pemilik tongkang belum diketahui.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat, Derek Ampnir mengatakan, informasi awal peristiwa tersebut diterima dari masyarakat sekitar lokasi kejadian. Ia mengatakan, dugaan penyebab tongkat ini karena faktor cuaca yang buruk di sekitar perairan yang dilandasi.

“Informasi yang diterima kapal melintas di perairan tersebut dengan memuat sawit dan semen. Tongkang ini kandas di perairan dangkal antara Arfu dengan Mumbrani tepatnya di Kampung Bariambeker, Kabupaten Tambrauw. Kita sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait termasuk mencari tahu siapa pemilik tongkang ini,” kata Derek, Kamis (4/1/2018).

Derek Ampnir, S.Sos, MM
Kalaksa BPBD Provinsi Papua Barat, Derek Ampnir, S.Sos, MM. (Foto: Razid Fatahuddin/PBOKe)

Di sisi lain, Derek mendorong dilakukannya proses hukum terhadap para pihak yang ber-tanggung jawabnya atas insiden ini. Dia menyatakan, aspek lingkungan perlu mendapat perhatian serius.
“Para pihak yang terlibat dalam insiden ini harus bertanggung jawab terhadap kerusakan lingkungan yang ditimbulkan. Kondisi ini juga akan membahayakan pelayaran rakyat yang melintasi perairan ini, juga membahayakan nelayan lokal,” ujar dia.

Pascakejadian pihak BPBD telah memantau perkembangan dilokasi sejak tanggal 2 dan 3 Januari lalu. “Hingga kini badan tongkang belum dievakuasi. Pihak Polairud mungkin sudah mengetahui kejadian ini. Secepatnya, kita akan meminta bantuan untuk mengevakuasi badan tongkang dari perairan tersebut,” pungkasnya.

Baca Juga:  Desak Penetapan 42 Anggota MRP PB, Yoteni : Jangan Sampai ‘Masuk Angin’
Penulis :Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!