Portal Berita Papua Barat

Bangkit Lagi, TWA Gunung Meja Dijadikan Tempat Rekreasi Alam

0 66
TWA Gunung Meja Dijadikan Tempat Rekreasi Alam
TWA Gunung Meja Dijadikan Tempat Rekreasi Alam
Manokwari, Papuabaratoke.comTWA Gunung Meja Dijadikan Tempat Rekreasi Alam. Memperingati Hari Habitat Sedunia, tanggal 5 Oktober 2017, sejumlah organisasi menggelar Konser Hijau dan pameran, untuk mengenalkan Taman Wisata Alam Gunung Meja. Kegiatan ini diharapkan membangkitkan kembali kepedulian terhadap potensi sumber daya alam yang dimiliki daerah, agar bermanfaat bagi ekologi dan ekonomi masyarakat.

Wakil Kepala Balai Besar Sumber Daya Alam (BKSDA) Papua Barat, Glen Eric Kangiras, mengatakan kawasan Gunung Meja dibagi menjadi 3 blok, yakni pemanfaatan, blok khusus, dan blok perlindungan. Hal ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Kehutanan Nomor 7.

“Tugu Jepang masuk dalam blok pemanfaatan untuk berkelanjutan. Pemerintah daerah bisa memanfaatkan area Taman Wisata Gunung Meja sebagai pendapatan daerah dan masyarakat sekitar,” ujarnya, Jumat (6/10/2017).
Selama ini paradigma masyarakat terhadap kawasan konservasi hanya ada kata pelarangan. Padahal, kata Glen, dalam aturannya bisa dimanfaatkan sebagai taman rekreasi yang dikembangkan oleh pemerintah daerah selaku pengelola.

Terkait pemanfaatan Taman Wisata Gunung Meja, Bupati Manokwari, Demas P. Mandacan, yang diwakili Staf Ahli Bidang Sumberdaya Alam, Sumedi, mengaku selain sebagai ikon Manokwari, Gunung meja juga memiliki fungsi rekreasi alam bagi masyarakat.

“Taman Wisata Alam Gunung Meja memiliki ratusan aneka flora dan fauna serta potensi alam seperti mata air dan goa alam. Masyarakat butuh penyadaran terhadap pentingnya keberadaan Taman Wisata Gunung Meja, yang selama ini sudah mulai hilang,” paparnya.

Apresiasi diberikan kepada ide cemerlang Sylva pc Unipa dan Kommari, yang menyelenggarakan pameran potensi alam Gunung Meja. Hal ini tentu membantu pemerintah daerah dalam upaya terus menjaga agar hutan lindung tetap dijaga. Letak gunung meja menjadi satu-satunya Hutan lindung yang letaknya sangat strategis dan sentral bagi kabupaten Manokwari. (*1/Pboke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!