Portal Berita Papua Barat

Kemenpar Bakal Bangun Kampus Politeknik Pariwisata di Papua Barat

0 58

- Advertisement -

Pembukaan Seminar Laporan Hasil Kajian Pendirian PTNP di Papua Barat
Papuabaratoke.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat menyambut baik rencana pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk mendirikan Kampus Politeknik Pariwisata di Papua Barat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Papua Barat, Yusak Wabiya, menuturkan bahwa syarat-syarat yang diajukan dari Kemenpar telah disanggupi. Salah satunya yakni lahan yang disiapkan untuk membangun kampus Politeknik Pariwisata.

“Ini kesempatan yang bagus bagi anak-anak kita di Papua Barat. Apalagi potensi spot-spot wisata di Papua Barat ini sangat banyak, ada wisata baharinya, wisata pegunungannya dan lainnya. Itu yang akan terus kita benahi selain Raja Ampat yang sudah mendunia. Untuk itu diperlukan Sumber Daya Manusia yang siap pakai, kompeten, dan profesional,” ujar Yusak saat hadir mengisi acara pengkajian pendirian perguruan tinggi pariwisata yang dilaksanakan oleh Kementrian Pariwisata di salah satu hotel di Manokwari, Senin (03/12/2018).

Menurutnya, di Papua Barat ada dua daerah yang siap untuk dibangun Kampus Politeknik Pariwisata,  yakni di Sorong dan Manokwari.

“Tapi keputusannya belum ada, nanti dilihat apakah dibangun di Sorong atau di Manokwari,” katanya.

Namun,  Yusak mengungkapkan dari penilaian hingga sekarang sekira 60 persen akan dibangun di Manokwari.

“Intinya kami menerima dan siap menyambut rencana baik pemerintah pusat itu,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Tim Kajian Pendirian Perguruan Tinggi Pariwisata Papua Barat, Agus mengatakan dari hasil kajian di lapangan, Papua Barat sudah memenuhi syarat.

Ketua Tim Kajian Pendirian PTPN untuk Papua Barat, Agus, SE, M.Si

“Apalagi disini potensi yang ada sangat besar, tetapi SDM nya yang butuh support skill, khususnya di bidang pariwisata.  Jadi peluang mengembangkan ke depan tinggal bagaimana pengambil kebijakan dan SDM mampu untuk mengisi,” katanya.

“Untuk di Papua Barat ada Kabupaten Manokwari dan Kota Sorong yang telah kita kaji dengan berbagai pertimbangan dan perbedaan aspek analisis, maka inilah yang kita harapkan kepada pemerintah agar diupayakan bisa terwujud,” pungkasnya.

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!