Portal Berita Papua Barat

Raja Ampat Masuk Usulan Geopark Global Unesco

0 91
Geopark Global Unesco
Geopark Global Unesco – Utusan Kabupaten Raja Ampat Saat Mengikuti Asia Pasifik Geopark Network Simposium di Guizho, China.
Waisai, Papuabaratoke.comRaja Ampat Masuk Usulan Geopark Global Unesco. Pariwisata Raja Ampat terus berkembang dengan berbagai keindahan alam yang terstruktur sedmikian rupawan. Hal ini diungkap Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, M. Yusdi N Lamatenggo, Selasa (3/10/2017).

Ia mengaku kabupaten Raja Ampat bersama 5 daerah lainnya di Indonesia, baru saja mengikuti Asia Pasifik Geopark Network Simposium di Guizho, China.

Kelima daerah yang ikut serta diantaranya Gunung Batur di Bali, Gunung Sewu di Sewu (masuk UGG), Rinjani di Lombok dan Ciletuh di Sukabumi dan Bangka Belitung. “Kami (Raja Ampat) bersama Bangka Belitung disiapkan menjadi Geopark Nasional,” bebernya.

Status Geopark diberikan untuk objek wisata, dimana pemerintah daerah mendukung Program Sustainable Development, yakni pengembangan berbasis keberlanjutan. Geopark sendiri merupakan tools atau alat yang mencerminkan daerah yang didasari pemahaman kelestarian lingkungan. Dalam hal ini bukan hanya batuan dan jenisnya, namun juga biologi (hewan dan tumbuhan), termasuk hubungan dengan manusia.

“Kita upayakan Raja Ampat masuk Geoprak Nasional Tahun 2018. Ada dua jenis Geopark unggulan di Raja Ampat, yakni Geopark yang secara umum adalah formasi batuan indah di darat dan Marine Geopark berupa formasi batuan dan gua bawah laut,” paparnya.

Kedua unggulan jenis Geopark inilah yang nantinya diusulkan masuk dalam Geopark Global versi Unesco. Yusdi yakin Raja Ampat akan mendapat predikat Unesco Global Geopark (UGG), karena kesadaran masyarakat Raja Ampat terkait konsep konservasi dan menjaga lingkungan sudah tinggi. (TIM/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!