Portal Berita Papua Barat

Sektor Pariwisata Potensi PAD Yang Belum Dimaksimalkan

0 88
Sektor Pariwisata Potensi PAD
Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Papua Barat, Sergius Rumsayor, S.S (Photo: ILO/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.comSektor Pariwisata Potensi PAD.  Sektor pariwisata di Papua Barat cukup potensial untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pemerintah daerah pun berupaya terus memajukan sektor tersebut.

“Pariwisata sekarang sudah sangat maju dan merupakan salah satu potensi yang bisa mendatang PAD. Pendapatan terbesar kedua negara berasal dari sektor pariwisata setelah kelapa sawit. Jika pengembangan pariwisata di Papua Barat lebih baik, bisa jadi meningkatkan PAD,” kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Barat Sergius Rumsayor, Selasa (19/9/2017).

Kata Sergius, upaya mengembangkan sektor pariwisata terus dilakukan. Misalnya, melalui festival seni budaya maupun even lain, seperti festival Dana Anggi. Semua itu dalam rangka memajukan kepariwistaaan yang ada di daerah ini.
“Tanggal 8-12 Oktober mendatang, akan digelar festival seni budaya di Manokwari. Juga minggu ke dua bulan September di Kabupaten pegunungan Arfak digelar kegiatan serupa. Ini sudah masuk kalender kerja. Setiap tahun pasti diadakan,” ujarnya.

Sektor Pariwisata Potensi PAD
Kepala Bidang Pengembangan SDM Kementerian Pariwisata, Muhammad Yusuf (Photo: ILO/PBOke)

Pengembangan sektor pariwisata sejalan dengan program pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata. Penataan dan pembenahan dilakukan kepada masyarakat. Pengetahuan masyarakat akan pariwisata terus diasa. Dengan harapan, mereka mampu mengelola kepariwisataan di daerahnya masing-masing.

Terpisah Kepala Bidang Pengembangan Kurikulum Aspek SDM Kementrian Pariwisata, Muhamad Yusuf mengatakan, program pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi prioritas utama. Yang gencar dilaksankan Kementerian di 34 provinsi di Indonesia. Dia mencontohkan, Kabupaten Banyuwangi telah berhasil mengembangkan sektor pariwisatanya.

“Tentu pariwisata yang maju membutuhkan sember daya manusi yang baik pula, pemahaman pariwisata, maanfaat apa yang perlu di kembangkan, jika image pariwisata sudah bagus otomatis masyarakat akan terdorong untuk terlibat dalam pembangunan sektor pariwisata sehingga masyarakat tidak beranggapan bahwa pariwisata itu milik kalangan tertentu,” pungkasnya. (ILO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!