Portal Berita Papua Barat

Terumbu Karang Di R4 Kembali Dirusak Oknum Tak Bertanggungjawab

1
Terumbu Karang Di R4
Foto Sumber: facebook.com/anack.desa.1/posts/1945968478987515

Sorong, Papuabaratoke.comTerumbu Karang Di R4. Keselamatan terumbu karang di Raja Ampat, kembali terancam. Usai dirusak oleh kapal asing, kini terumbu karang kembali terancam oleh ulah wisatawan lokal.

Sempat viral di Media Sosial, sejumlah wisatawan lokal, nampak tak sengaja terekam camera sedang berjalan diatas terumbu karang.  Belakangan, diketahui kelompok wisatawan yang dimaksud menggunakan kapal bantuan Transmigarasi, Rabu (8/9/2017). Kejadian ini pun mendapat kecaman dari banyak pihak.

Ketua Dewan Adat Suku Maya Raja Ampat, Christian Tebu, menyesali tindakan yang dilakukan sejumlah wisatawan lokal tersebut. Ia menduga hal yang dilakukan seseorang yang terekam kamera dan viral dalam Media Sosial dengan menginjak terumbu karang, dikarenakan yang bersangkutan tidak bisa berenang.


“Oknum seperti ini yang merusak terumbu karang di Raja mpat. Berjalan dalam air dan menginjak terumbu karang serta habitat laut lainnya,” tegasnya, Sabtu (9/9/2017).

Menurutnya, hal seperti ini tidak bisa dibiarkan dan harus ada tindakan tegas. Terutama, memperkuat pengawasan wisatawan yang datang berkunjung ke Raja Ampat.

Ia mengajak semua pihak, terutama para wisatawan yang datang dan menikmati pesona alam indah di Raja Ampat, agar bersama-sama menjaga serta menghindari hal-hal yang bisa merusak keberadaan terumbu karang.
Apalagi, pertumbuhan terumbu karang membutuhkan waktu hingga puluhan tahun. Jika terumbu karang dirusak, tentu menjadi kerugian terbesar. (KEY/PBOke)

Comments
error: Content is protected !!