Portal Berita Papua Barat

Wajib, Pembangunan Karakter SDM Pariwisata Yang Bersahabat Dan Ramah

0 44
Pembangunan Karakter SDM Pariwisata
Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Papua Barat, Sergius Rumsayor, S.S (Photo: ILO/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.comPembangunan Karakter SDM Pariwisata. Provinsi Papua Barat memiliki keanekaragaman jenis daya tarik objek wisata yang tersebar di 12 Kabupaten dan satu kota. Untuk mengoptimalkan pengelolaan potensi tersebut perlu didukung dengan SDM kepariwisataan yang mumpuni.

“Pembangunan karakter SDM pariwisata yang bersahabat dan ramah menjadi keharusan memalui pendidikan formal dan informal, juga haruslah sejalan dengan pembangunan “sadar wisata” kepada masyarakat di daerah destinasi wisata dan sejalan dengan upaya memberikan manfaat kepada masyarakat,” kata Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan dan Ekonomi Nico Tike pada pembukaan pelatihan dasar SDM Kepariwisataan, Selasa (19/9/2017).

Pelatihan SDM Kepariwisataan ini merupakan program Kementerian Pariwisata dan ditujukan kepada masyarakat di seluruh Indonesia. Yang bertujuan meningkatkan kualitas SDM masyarakat sehingga mampu mengelola potensi dan budaya ekonomi wisata serta melestarikan daya tarik yang dimiliki.
Kata Tike, pelatihan kepariwisataan sangat relevan dalam memberikan pemahaman serta wawasan baru agar masyarakat terus berpikir dan berkarya demi pertumbuhan dan perkembangan pariwisata di Papua barat dan Indonesia.
“Meningkatkan potensi pariwisata di 12 kabupaten dan satu kota di Papua Barat perlu perbaikan terutama dalam pelayanan, pembangunan terstruktur dasar wisata di daerah bagi masyarakat yang seimbang sehingga dapat memajukan pariwisata di daerah ini,” ujar Tike.

Memajukan sektor pariwisata di daerah ini membutuhan pembangunan infrastruktur dan SDM yang berjalan seimbang. Dengan demikian, antara pemahaman dan infrastruktur berbanding lurus.
“Bangun pariwisata bukan hanya keindahan alam wisatanya melainkan juga keramatamahan dari masyarakat juga perlu di tingkatkan. Sehingga ketika mereka pulang tidak hanya membicarakan keindahan alam saja tetapi keramatamahan yang diberikan bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan manca negara,” kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Barat Sergius Rumsayor.

Baca Juga:  Siap Bertarung Menang, Partai Perindo Buka Pendaftaran Bakal Caleg

Kegiatan pelatihan yang dipusatkan di Gedung PKK Provinsi Papua Barat diikuti sebanyak 290 peserta yang melibatkan siswa-siswi SMA, SMK, LSM, akademisi dan masyarakat yang berada di lokasi-lokasi pariwisata. (ILO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!