Portal Berita Papua Barat

Amankan Teluk Doreri, 6 Safety Tank Dipasang di Borobudur dan Fanindi Pantai

0 8
Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unipa di Borobudur dan Fanindi Pantai. Foto : (THX/PBOKE)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Kotoran manusia merupakan salah satu sampah organik yang secara langsung mencemari biota laut.

Berdasarkan penelitian ilmuan Universitas Papua (Unipa) sejak 2010, tingkat pencemaran di Teluk Doreri cukup tinggi.

Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unipa di Borobudur dan Fanindi Pantai, menerapkan safety tank jamban pesisir sederhana bebas bakteri. Ini pun dapat meminimalisir sampah organik.

Yahiel Hendrik Dasmasela, SP, M.Si

“Desain khusus Safety untuk menampung kotoran manusia (tinja) agar tak lagi dibuang ke laut, karena membuat laut tercemar,” ujar Yahiel Hendrik Dasmasela, SP, M.Si, kepada PBOke, Jumat (4 Agustus 2017).
Dosen pembimbing kelompok KKN Unipa di Borobudur dan Fanindi Pantai ini menjelaskan, Safety Tank ini sudah menjalani uji lab dan terbukti mampu mengurangi bakteri hingga tingkat nol.

“Kami harap ada respon dari pemda, terutama untuk membantu di pesisir dalam menjaga biota laut. Safety tank akan meminimalisir tingkat pencemaran biota laut karena mengeluarkan kotoran dalam bentuk cair dan bebas bakteri,” bebernya.

Saat ini, Safety Tank sudah dipasang pada enam titik, 3 diantaranya berada di Kompleks Borobudur dan tiga lainnya di Fanindi Pantai. Warga juga diharapkan ikut menjaga sanitasi di daerah pesisir maupun sungai. (THX/PBOKe)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!