Portal Berita Papua Barat

Mahasiswa Berbakat Ini Kembangkan Ternak Puyuh di Manokwari

0 132
Ternak Puyuh di Manokwari
Ternak Puyuh di Manokwari – Muhammad Nasrul, Mahasiswa Berbakat Yang Berambisi Kembangkan Ternak Puyuh di Manokwari
Manokwari, Papuabaratoke.comTernak Puyuh di Manokwari. Meski masih berstatus mahasiswa tak lantas menyurutkan bakat Muhammad Nasrul dalam berwirausaha. Ini terbukti, dengan modal pengetahuan yang di peroleh dari dosen serta internet, pemuda asal Kabupaten Fakfak ini tak mau menunggu lama.

Ia mulai menekuni usaha peternakan buruh puyuh. Alasan Nasrul sederhana. Di mana, melihat peluang usaha ternak puyuh di daerah ini cukup prospektif. Pasalnya, untuk mencukup permintaan masyarakat Manokwari dan sekitarnya akan terlur puyuh masih bergantung pada pasokan dari luar daerah.

“Awalnya saya berdiskusi dengan pegawai STPP Manokwari mengenai peluang usaha di Manokwari, karena saya juga selalu diajak sama beliau membantu peternak di daerah ini untuk memperbaiki menajemen kandang dan memasang peralatan kandang, itu salah satu ketertarikan saya untuk usaha,” kata Nasrul, Rabu (18/10/2017).

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kata dia, bahan diskusi tersebut selalu menjadi beban pikiran. Karena masalah klasik yang dihadapi yang berkaitan dengan modal usaha. Namun berkat keinginan dan keyakinan tinggi, membuatnya merasa tertantang untuk mengasah kemampuan berwirausaha. “Saya tidak bisa tidur karena melihat peluang usaha yang sangat besar. Akhirnya saya ketemu beliau lagi untuk konsultasi mengenai niatan saya untuk usaha puyuh. namun karena tidak adanya modal, akhirnya beliau membantu saya untuk memulai usaha ini,” tuturnya mengisahkan.

Bermodalkan 50 ekor bibit puyuh. Saat ini populasi puyuh yang dikembangkan sudah mencapai 1.000 ekor serta satu unit mesin otomatis berkapasitas 100 butir. Selain menjual telur puyuh, Nasrul juga menyediakan bibit-bibit burung puyuh (DOQ) “Modal awal sebesar Rp10 juta. Untuk buat kandang Rp3,5 juta, buat beli bibit Rp 6,5 juta. Sekarang sudah ada 1.000 ekor dan akan terus dikembangkan,” ucapnya berharap. (*2/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com