Portal Berita Papua Barat

Minat Baca Rendah, Angka Buta Aksara Di Wondama Masih Tinggi

0 9
Angka Buta Aksara Di Wondama Masih Tinggi
Lomba bercerita dan mewarnai untuk anak-anak TK/PAUD Teluk Wondama. (Photo: VIO/PBOke)
Wasior, Papuabaratoke.comAngka Buta Aksara Di Wondama Masih Tinggi.  Minat baca masyarakat Kabupaten Teluk Wondama masih cukup rendah. Salah satu indikatornya adalah rendahnya kunjungan warga ke perpustakaan daerah.

Kepala Dinas Perpustakaan Teluk Wondama, Eka Wosiri, Rabu (20/9/2017), membenarkan budaya membaca belum begitu familiar bagi masyarakat Wondama.
“Buktinya, angka buta aksara kita masih cukup tinggi sehingga IPM juga rendah,” ujarnya saat lomba bercerita dan mewarnai untuk anak-anak TK/PAUD.

Menurutnya, banyak buku yang sudah disebar untuk perpustakaan kampung, namun belum dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.
“Mereka (masyarakat) hanya terima, kemudian didiamkan begitu saja. Akibatnya, perpustakaan tidak berjalan sesuai harapan,” beber mantan Staf Ahli Bupati ini.

Angka Buta Aksara Di Wondama Masih Tinggi
Lomba bercerita dan mewarnai untuk anak-anak TK/PAUD Teluk Wondama. (Photo: VIO/PBOke)

Hal ini sama dengan inisiatif pembentukan 8 unit perpustakaan dan taman baca di kampung-kampung, namun hanya 2 diantaranya yang masih aktif.
“Makanya kita akan menjadikan perpustakaan ini sebagai pusat untuk belajar bagi masyarakat,” paparnya.

Sementara, lomba bercerita dan mewarnai dilaksanakan dalam rangka Bulan Gemar Membaca Nasional, yang jatuh bulan ini. Peserta lomba adalah pelajar TK dan PAUD se-kota Wasior.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Sekda Bidang Kesra Maria L. Kamerop. “Dengan menanamkan gemar membaca sejak kecil kita bisa ciptakan generasi yang lebih baik dari kita,” ungkap Kamerop. (VIO/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!