Portal Berita Papua Barat

Sebanyak 150 Ribu Siswa SMK Masih Menggunakan UNKP

0 19
Siswa SMK Masih Menggunakan UNKP
Siswa SMK Masih Menggunakan UNKP – Ujian Nasional di SMK Tandia Kabupaten Teluk Wondama. Sekolah di daerah ini masih melaksanakan UN menggunakan kertas dan pensil. (Foto : Vio/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Siswa SMK Masih Menggunakan UNKP.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencatat terdapat sebanyak 150.855 siswa SMK yang ujiannya masih menggunakan pensil dan kertas. Belum semua peserta ujian bisa mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Sementara peserta UNBK tingkat SMK berjumlah 1.176.391 siswa. Sebanyak 1,3 juta SMK akan mengikuti ujian nasional sejak 2 hingga tanggal 6 April.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam mengatakan, 1,3 juta peserta UN itu berasal dari 12.509 sekolah.

“Yang mengikuti UNBK lebih banyak atau 9.829 sekolah atau 78,58 persen sekolah dan hanya 2.680 SMK atau 21,42 persen sekolah yang mengikuti UNKP (ujian nasional kertas pensil),” kata Nizam.

Nizam berharap peserta UN untuk jujur dalam mengikuti. UN tingkat SMK tahun ini tetap menguji empat mata pelajaran yakni matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan teori kejuruan.

Baca Juga:  Sekolah di Teluk Wondama Masih Gunakan Kertas untuk Ujian

Ujian nasional berbasis komputer adalah ujian yang diperuntukkan bagi siswa SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK. Menggunakan piranti lunak khusus.

Ujian ini sudah dimulai sejak tahun 2015. UNBK bisa diadakan di sekolah-sekolah yang fasilitas komputer serta jaringan internetnya memadai.

Nizam menambahkan, UNBK bukan hanya sekedar mengurangi penggunaan kertas, namun juga bertujuan agar siswa terbiasa mengunakan teknologi.

Editor : Razid Fatahuddin
Sumber : CNN Indonesia
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!