Portal Berita Papua Barat

SMA-SMK di Kaimana 100 Persen Selenggarakan UNBK, Teluk Wondama Nihil

0 80
Selenggarakan UNBK
Selenggarakan UNBK – Ketua panitia Ujian Nasional tingkat SMA-SMK Provinsi Papua Barat Sudjanti Kamat. Sudjanti mengatakan, kabupaten di Selatan Papua Barat itu cukup maksimal dalam pelaksanaan UNBK. (Foto: Razid Fatahuddin/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Selenggarakan UNBK.  Apresiasi patut diberikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaimana dan Dinas Pendidikan setempat. Sebab, daerah ini mampu melaksanakan aturan terkait Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ketua Panitia Ujian Nasional tingkat SMA-SMK, Provinsi Papua Barat Sudjanti Kamat mengatakan, upaya kabupaten Kaimana cukup berhasil. Seluruh SMA-SMK sudah melaksanaan UNBK. “Luar biasa kan, daerah ini berusaha sendiri. Kita apresiasi daerah ini,” ujarnya.

Meski tak ingat jumlah sekolah yang melaksanakan ujian tersebut di daerah itu, kata Sudjanti, di Kabupaten Teluk Wondama justru kondisinya berbanding terbalik.

“Seluruh SMA-SMK yang ada di daerah di Teluk Wondama tidak menyelengarakan UNBK. Padahal sarana dan prasarana mereka tergolong paling lengkap. Ini menjadi catatan kami dan akan dievaluasi,” tandasnya.

Di Papua Barat, beber Sudjanti, terdapat 120 SMA. Dan baru 77 sekolah yang sudah dapat menyelengarakan UNBK, sisanya masih ujian manual. Adapun SMK sebanyak 52, baru 19 yang sudah dapat menyelenggarakan UNBK.

“Kebanyakan SMA-SMK yang sudah UNBK ada di wilayah Sorong dan Manokwari. Di kabupaten Fak-fak, Teluk Bintuni, Raja Ampat dan Sorong selatan juga sudah ada yang UNBK,” ungkapnya.

Ditambahkan, UNBK di kabupaten Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak belum bisa dilaksanakan. ”Daerah tersebut masih baru. Sarana dan prasarana belum menunjang,” ujar Sudjanti menambahkan.

Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com