Portal Berita Papua Barat

STPP Manokwari Cetak 498 Sarjana Sains Terapan Sejak 2006

0 96

Manokwari, Papuabaratoke.comSekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Manokwari, mengukuhkan 28 wisudawan Sarjana Sains Terapan (SST), Program Studi Penyuluhan Pertanian dan Peternakan Tahun akademik 2017.

Mereka yang diwisuda terdiri dari 16 wisudawan Program Studi Penyuluhan Pertanian dan 12 wisudawan Program Studi Penyuluhan Peternakan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 3,76.

Plh. Ketua STPP Manokwari, Dr. Aswandi, S.Pt, MP, mengaku jumlah lulusan STTP Manokwari kalah dengan Perguruan Tinggi lain di Papua dan Papua Barat serta daerah lain, dalam hal jumlah.
“Terutama, untuk menjawab kebutuhan tenaga penyuluh di Papua Barat, Papua dan Maluku,” ujarnya, Rabu (30 Agustus 2017).

Sejak Tahun 2006 hingga kini, STPP Manokwari sudah menamatkan 498 Sarjana Sains Terapan, dengan rincian 328 Sarjana Sain Terapan Penyuluh Pertanian dan 170 Sarjana Sains Terapan Penyuluh Peternakan.
Menurutnya, lulusan Perguruan Tinggi harus memiliki 6 skill atau keterampilan, yakni, skill, critical skill, digital skill, agile thingking ability (mampu berpikir banyak skenario), interpersonal and communication skill dan global skill.

“Global skill ini meliputi bahasa asing agar bisa menyatu dengan orang asing yang berbeda budaya dan punya sensitivitas terhadap nilai budaya,” bebernya.
Terpisah, Dr. Ir. Widi Hardjono, M.Sc, Plt Sekertaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementrian Pertanian, berharap Penyuluh Pertanian mendukung program regenerasi petani.

Pasalnya, setiap tahun, rumah tangga petani berpindah profesi akibat minimnya sentuhan teknologi. Dan, saat ini 61 persen petani rata-rata berusia lebih dari 45 tahun.

“Generasi muda akan tertarik kepada sektor pertanian apabila ada sentuhan teknologi srta inovatif terbaru,” paparnya sembari berharap generasi muda mendukung
tercapainya kesejahteraan petani dan kedaulatan pangan serta menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia Tahun 2045. (THX/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com