Portal Berita Papua Barat

Target Sertifikasi 2019, Dispora Data Ulang Guru Di Wondama

0 19
Dispora Data Ulang Guru Di Wondama
Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Teluk Wondama, Lapada La Anak Gunung. (Photo: VIO/PBOke)
Wasior, Papuabaratoke.comDispora Data Ulang Guru Di Wondama.  Ratusan guru di Kabupaten Teluk Wondama sampai saat ini belum mengikuti sertifikasi. Mereka terancam kehilangan hak mengajar jika sampai Tahun 2019, belum juga mengantongi sertifikasi.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Teluk Wondama, sudah berkoordinasi dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Papua Barat, untuk mencari formula tepat agar semua guru memiliki sertifikasi.

Hal ini disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Teluk Wondama, Lapada La Anak Gunung, Jumat (22/9/2017) di Wasior.
Namun, saat ini masih menunggu pengambilan data lapangan untuk memastikan berapa sebenarnya guru yang sudah disertifikasi dan berapa yang belum.

Lapada mengaku selama ini Dispora belum memiliki data valid terkait hal itu. Terbukti, sempat terjadi perbedaan data jumlah guru yang belum sertifikasi dari awalnya berjumlah 583, kemudian dikoreksi menjadi 100 lebih. Saat ini tim sudah turun lapangan untuk melakukan pendataan sejak beberapa hari lalu.

“Nanti setelah ada data valid, kita lihat berapa yang sudah S-1 dan diusulkan ke LPMP untuk dibawa ke Jakarta. Kira-kira jalur mana yang pas untuk Wondama,” terangnya.
Dia mengklaim terbatasnya kuota sertifikasi yang didapat Pemkab Wondama menjadi salah satu penyebab masih banyak guru belum mendapat sertifikasi.

“Di kabupaten lain bisa dapat 20 sampai 30 tapi selama ini kuota di Wondama kadang-kadang cuma 2 atau 3,” akunya. Ditambahkan, selain guru PNS, pihaknya juga akan menyertakan guru honor mengikuti sertifikasi terutama bagi guru honor yang sudah mengantongi NUPTK.

Baca Juga:  Ratusan Anak TK Di Manokwari Semarakan Jalan Santai

“Bagi yang belum S-1, akan dipayakan mendapat gelar S-1 dulu,” pungkas Sekretaris Dispora ini.
Sebelumnya, Wakil Bupati Paulus Indubri memerintahkan Dispora mencari jalan agar paling lambat akhir 2018 semua guru di Wondama sudah mendapatkan sertifikasi. (VIO/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!