Portal Berita Papua Barat

Gempa 4,8 SR Kembali Guncang Manokwari

0 34
Ist: Situs BMKG

Manokwari,Papuabaratoke.com- Gempa berkekuatan M=4.8 SR, kembali mengguncang sebagian kota Manokwari. Goncangan gempa tersebut dirasakan masyarakat Manokwari, pagi tadi sekira pukul 06:59:26 WIT.

Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sorong, Andri Wijaya, yang dikonfirmasi Papuabaratoke.com, membenarkan hal tersebut.

Meski demikian, dikatakannya, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi yang berkekuatan M=4.8 SR, dengan lokasi gempa/episenter berada di laut tepatnya di koordinat :0.47 LS-133.19 BT, 50 km Timur Laut kabupaten Tambrau Papua Barat, yang Kedalamannya : 9 Km ini, tak berpotensi Tsunami.

“Benar hari ini ada (Gempa, red) dirasakan oleh sebagian masyarakat di Manokwari, khususnya di arah timur atau sekitar daerah seputaran SP, karena gempa ini sumber dari titik timur laut tambrauw. Tapi tidak berpotensi Tsunami,” ujar Andry melalui sambungan telepon selulernya, (11/12/2017) beberapa saat lalu.

“Belum ada informasi dari masyarakat atau stakeholder terkait kerusakan akibat gempa tersebut,” sambungya.

Sementara Hasil Analisis tingkat guncangan (Shakemap) oleh BMKG, menunjukkan dampak gempabumi ini menimbulkan guncangan pada Skala Intensitas II-III Modified Mercally Intensity (MMI), di Kota Manokwari dan sekitarnya.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar naik manokwari. Untuk itu, sekali lagi pihaknya memastikan masyarakat, bahwa gempa tersebut tak menimbulkan Tsunami.

“Terkait dengan gempabumi yang dirasakan sebagian di Manokwari tadi, masyarakat tetap tenang. Karena hingga laporan ini disusun pada pukul 09:20 WIT, belum ada tanda-tanda terjadi aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti informasi BMKG,” tutur Andry.

Editor : Kris Tanjung
Penulis : Ian
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!