Portal Berita Papua Barat

Karena Suwanggi, 3 Rumah Ludes Dibakar di Distrik Tanah Rubuh

0 689
Distrik Tanah Rubuh, Manokwari Selatan (Mansel), Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi
Distrik Tanah Rubuh – Tiga unit rumah milik warga di kampung Indibo, Distrik Tanah Rubuh, Manokwari Selatan (Mansel) yang ludes dibakar sekelompok massa, sekitar pukul 13.10 WIT, Selasa, (16/1/2018). (Foto: Ist)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Distrik Tanah Rubuh. Tiga unit rumah milik warga inisial AS, SS dan DI, di kampung Indibo, Distrik Tanah Rubuh, Manokwari Selatan (Mansel) ludes dibakar sekelompok massa, sekitar pukul 13.10 WIT, Selasa, (16/1/2018).

Hal ini berawal dari tudingan sepihak masyarakat di kampung Warkapi Distrik Warkapi yang merasa salah satu anggota keluarganya meninggal tak wajar.

Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi, S.IK yang dikonfirmasi ihwal peristiwa pembakaran tiga unit rumah yang disebabkan adanya tudingan menggunakan Suwanggi istilah dalam kepercayaan masyarakat setempat.

“Ia sudah (Masalah) selesai kok, sudah aman,” singkat Erwindi, menjawab konfirmasi Papuabaratoke.com, Selasa sore.

Sementara terkait hal ini Kabag Ops Polres Manokwari, Kompol Winarto yang juga dikonfirmasi, menjelaskan atas insiden ini, sebanyak 20 anggota personil dari Sabhara Polres Manokwari dan Polsek Maruni, telah mengamankan lokasi sekitar Tempat kejadian perkara (TKP).

“Sekitar 20 personil diturunkan amankan situasi agar tidak membias dan memanas. Selain itu, atas insiden pembakaran rumah warga ini tidak ad korban lain, kerugian materil belum diketahui,” ucap Winarto.

Adapun kronologi kejadian, bermula saat keluarga korban dari salah satu penjabat kampung Warkapi meninggal tak wajar dan diduga kena suruhan mahluk gaib “Suwanggi” (kepercayaan adat masyarakat, red).

Akibat insiden itu, masyarakat kelompok insial PW langsung menuduh beberapa orang kelompok warga lainnya di kampung Indibo sebagai penyebab menggunakan Suwanggi. Sehingga pihak keluarga korban yang meninggal melakukan pembakaran rumah milik warga yang dituding pengguna Suwanggi tersebut.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!