Portal Berita Papua Barat

Pendamping APBN-P 2017 Mulai Kawal Petani Wujudkan Swasembada Cabai

0 40
Pendamping APBN-P 2017
Pendamping APBN-P 2017 Mulai Kawal Petani Wujudkan Swasembada Cabai
Manokwari, Papuabaratoke.comPendamping APBN-P 2017. Guna mewujudkan swasembada pangan di Papua Barat, para pendamping APBN-P 2017, diturunkan untuk mendampingi para petani di daerah ini. Para pendamping mulai membantu para petani di Kabupaten Sorong, dalam upaya peningkatan produksi pertanian khususnya komoditas cabai sebagai salah satu pemicu inflasi daerah.

Ketua Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Manokwari, Dr. drh. Maya Purwanti, MP, baru-baru ini, bahwa, keterlibatan mahasiswa, dosen, alumni perguruan tinggi pertanian dan pemuda tani sebagai pendamping petani untuk memastikan terealisasinya inovasi di bidang pertanian. Dengan upaya itu, kata Purwanti, diyakini mampu mendukung terwujudnya Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada 2045.

“Kegiatan yang dilakukan dalam pendampingan itu, diantaranya menggerakan kelompok tani untuk menerapkan teknologi tepat guna hingga membantu membangun jejaring agribisnis dan kemitraan petani dengan pelaku usaha,”ungkapnya. Menurutnya, melalui pendampingan ini akan membantu memperkuat sistem agribisnis dari hulu ke hilir, bukan hanya pada komoditas padi, jagung dan kedelai (pajale), namun juga seluruh tanaman hortikultura seperti cabai, bawang merah serta bawang putih.

Pendamping APBN-P 2017
Pendamping APBN-P 2017

Salah seorang pendamping, Analisye Rumfabe, yang melakukan pendamping di Kalamalu Kabupaten Sorong, mengungkapkan bersama 13 pendamping APBN-P 2017, sudah mulai membantu petani menyiapkan lahan seluas 40 hektare, pembuatan bedengan hingga pembibitan cabai.

Lahan seluas 40 hektare tersebut akan ditanami cabai keriting, cabai besar dan cabai rawit. “Ini sudah mulai persemaian bibit cabai, dan kita senang bisa membantu para petani,” ujar dia. Kata Analisye, tanaman komoditas cabai di Klamalu sangat cocok dengan tekstur tanah. Dia optimistis daerah ini memiliki potensi yang sangat menjanjikan sebagai daerah penghasil cabai. (*2/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!