Portal Berita Papua Barat

Perlunya Regenerasi Skala Usaha Untuk Menumbuhkan Pengusaha Muda Pertanian

0 40
Regenerasi Skala Usaha
Regenerasi Skala Usaha – Kepala Dinas Petanian Kabupaten Sorong Ir. Benyamin A. Hallatu. MM. Saat menerima Y. Yan Makabori dari STPP Manokwari untuk melakukan Identifikasi Kelembagaan Petani di Kabupaten Sorong, Rabu (18/10/2017).
Manokwari, Papuabaratoke.com – Regenerasi Skala Usaha. Untuk mengoptimalkan kelembagaan ekonomi petani di Kabupaten Sorong, diperlukan dukungan dan sinergitas dari berbagai pihak baik itu pemerintah daerah ataupun swasta secara berkesinambungan.

Hal ini di ungkapkan Kepala Dinas Petanian Kabupaten Sorong Ir. Benyamin A. Hallatu. MM. Saat menerima Y. Yan Makabori dari STPP Manokwari untuk melakukan Identifikasi Kelembagaan Petani di Kabupaten Sorong, Rabu (18/10/2017).

Menurutnya, saat ini usaha petani di Kabupaten Sorong masih dalam skala kecil dan tidak memenuhi skala ekonomi.

Ir. Benyamin Hallatu, MM. Kadis Pertanian Kabupaten Sorong

“Untuk itu diperlukan kelembagaan petani dengan sistim menejemen yang modern sehingga memiliki daya saing serta meningkatkan keuntungan bagi anggotanya.” Ungkapnya

Selain itu Benyamin juga mengatakan perlunya dilakukan regenerasi dengan skala usaha yang menguntungkan, yang diharapkan dapat menumbuhkan pengusaha pengusaha muda bidang pertanian.

“melalui pengelolaan bersama dan sinergi antara petani lokal dan petani transnas, yang diharapkan bisa melakukan usaha dari hulu sampai hilir untuk meningkatkan pendapatan petani,” Ujarnya

Selain itu memberikan dukungan teknologi informasi dan memberikan pelayanan yang cepat kepada petani.

Untuk diketahui berdasarkan undang undang dasar 1945 pasal 33 dan undang undang no. 19 pasal 69 pasal 80 ayat 2. Merupakan upaya pemerintah untuk memberdayakan petani dengan pengembangan kapasitas kelembagaan petani.

Serta dengan meningkatkan pengembangan kapasitas kelembagaan petani untuk meningkatkan kelembagaannya menjadi lembaga ekonomi yang dapat meningkatkan skala ekonomi, efisiensi usaha, dan posisi tawari. (*2/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com