Portal Berita Papua Barat

Petani Raja Ampat Didorong Tingkatkan Produktivitas Cabai

0
Petani Raja Ampat
Petani Raja Ampat Didorong Tingkatkan Produktivitas Cabai.(Photo: Istimewa)
Waisai, Papuabaratoke.comPetani Raja Ampat. Melalui program APBN Perubahan (APBN-P) 2017, Kementerian Pertanian menggelontorkan bantuan melalui Pemerintah Daerah kepada para petani, guna mendorong peningkatan produktivitas cabai. Salah satu daerah yang menerima bantuan ini adalah, Kabupaten Raja Ampat.

Ketua Panitia pendampingan/pengawalan APBN-P 2017 Wilayah koordinasi STPP Manokwari, Dr. Aswandi, S.Pt, MP mengatakan, dengan adanya pendampingan/pengawalan petani bisa bekerja dengan maksimal.

“Pendamping petani ikut membantu kegiatan petani dari mulai persiapan lahan, persemaian bibit hingga nanti pemeliharaan sampai pemanenan,” kata Aswandi, Senin (23/10/2017).

Photo: Istimewa

Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Manokwari ditunjuk selaku koordinator Wilayah Papua dan Papua Barat. Saat ini, STPP telah menerjunkan pendamping dari mahasiswa, alumni universitas Papua dan pemuda tani untuk mendampingi dan mengawal APBN-P 2017.

Dicontohkan, pemuda tani Kabupaten Raja Ampat, Derek Rumbewas dan Maria Rumkorem saat ini tengah mendampingi kelompok tani Sumber Agung dengan jumlah anggota kelompok 11 orang.

“Pemuda tani mendampingi dan mengawal bantuan Kementerian ini agar bantuan tersebut diterima petani, dengan harapan tercapainya swasembada cabai di Papua Barat pada khususnya dan secara nasional pada umumnya,” ucapnya.

Aswandi menambahkan, peningkatan produktivitas cabai diharapan ke depan bisa menjadikan Kabupaten Raja Ampat mampu memenuhi kebutuhan cabai serta menjadi daerah penyuplai cabai.  Sebab, daerah ini potensial di bidang pertanian budi daya cabai.

“Selama ini untuk mencukupi kebutuhan di dalam daerah masih bergantung pada kiriman dari luar. Juga keuntungan yang diperoleh nanti diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani di daerah ini,” katanya. (*/2PBOke)

Comments
error: Content is protected !!