Portal Berita Papua Barat

Sambangi Pemkab Pegunungan Bintang, STPP Manokwari Kenalkan 3 Prodi Baru

3

Manokwari,Papuabaratoke.com – Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Manokwari, mengenalkan 3 Program Studi (Prodi) baru kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pegunungan Bintang.

Hal itu disampaikan oleh Ketua STPP Manokwari Dr. drh. Maya Purwanti. MS yang didampingi Kabag Administrasi Akademik Kependidikan STPP Manokwari, Penehas Indey. SE dan Kabag produksi perkebunan, Jeannie S Siagian M.Sc. usai acara penutupan kegiatan APBN-P 2017 di Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, Senin (18/12/2017) lalu.

Dalam kunjungan yang di terima langsung asisten II Budi Wardoyo S. Sos,

Maya menyampaikan terima kasihnya, atas dukungan Pemda Pengunungan Bintang terlaksananya kegiatan APBN-P 2017 di daerah tersebut, dalam program pendampingan budidaya komoditas kopi.

“STPP Manokwari akan bertransformasi menjadi Politeknik Pertanian Pembangunan Manokwari. Dan akan membuka 3 Prodi baru. Yaitu, penyuluhan pertanian berkelanjutan, penyuluhan peternakan dan kesejahteraan hewan dan produksi perkebunan. Ketiga jurusan ini, sangat cocok untuk dikembangkan di wilayah Papua terutama Kabupaten Pegunungan Bintang,” ujar Maya.

Untuk itu, Maya mengajak putra-putri Pegunungan Bintang, yang memenuhi persyaratan untuk melanjutkan pendidikan di STPP Manokwari. Sehingga dapat mendorong peningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah setempat.

Dalam kesempatan tersebut, mewakili Pemda Pegunungan Bintang, Budi Wardoyo, pun, mennyampaikan penghargaannya atas kegiatan pendamingan dan pengawalan ABPN-P 2017, yang dilaksanakan oleh kementerian pertanian dalam hal ini di bawah koodinatori STPP Manokwari dan Universitas Papua

“Tentu kami mengucapkan syukur dan terimakasih, karena kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan petani sehingga harapannya petani bisa mendapatkan penghasilan yang lebih baik,” ucapnya.

Budi juga menambahkan, kegiatan ini sejalan dan mendukung program Pemda, dalam hal mengangkat komoditas unggulan di Pengunungan Bintang.

“Program yang dinamai KOTEKA (KOPI. TERNAK dan KAKAO) ini, sedang dikembangkan. Harapannya kegiatan ini berkelanjutan, karena kabupaten pengunungan bintang adalah kabupaten yang sedang tumbuh sehingga memerlukan tenaga-tenaga ahli yang mau memberikan ilmunya untuk meningkatkan pertumbuhan pertanian dan perkebunan di daerah ini,” sambung dia.

Baca Juga:  Lagi-lagi Kaca Jendela Sekretariat MRPB Dirusak

Dan terkait 3 Prodi baru yang akan dibuka oleh STPP Manokwari, pihaknya akan menyampaikan langsung kepada Bupati setempat, agare mendapat tindaklanjut.

“Karena SDM Dipengunungan Bintang masih kurang, maka untuk mendapatkan tenaga ahli beliau (Bupati) akan mengirimkan lulusan-lulusan SMA IPA dan SMK Pertanian. Dan bahkan pegawai untuk melanjutkan pendidikan di STPP Manokwari,” tutup Budi.(***/PBOKe)

Editor : Kris Tanjung
Comments
error: Content is protected !!