Portal Berita Papua Barat

STPP Manokwari Harap Pendampingan Budidaya Kopi di Pegunungan Bintang Berlanjut

0 11

Manokwari,Papuabaratoke.com – Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Manokwari, berharap, program pendampingan budidaya kopi di Pegunungan Bintang Provinsi Papua, bisa berlanjut.

Hal ini disampaikan oleh Ketua STPP Manokwari Dr. drh. Maya Purwanti. MS. yang di dampingi perwakilan dari Univesitas Papua dan Kabid Produksi Pekebunan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Pegunungan Bintang, pada acara penutupan Kegiatan APBN-P 2017 di Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua, (18/12/2017) lalu.

Maya menuturkan, program pendampingan ini perlu dilanjutkan dan tak berhenti pada tahun ini. Dikarenakan, kata dia, petani kopi di Kabupaten Pegunungan Bintang masih sangat membutuhkan pendampingan dari dinas dan pemuda tani serta alumni untuk mengembangkan budidaya kopi di daerah tersebut.

Maya juga berharap, kegiatan ini bisa meningkatkan pendapatan petani karena dengan bertambahnya lahan yang dibuka untuk perkebunan kopi.

“Petani bisa mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi karena kualitas kopi dari Pegunungan Bintang yang telah diuji di balai pengujian kopi dan kakao Jember Jawa Timur, mendapat kriteria yang eksklusif dengan cita rasa yang tinggi,” ucapnya.

Jeannie S. Siagian, M.Sc Kepala Bidang Produksi Perkebunan yang mewakili kepala dinas pertanian dan perikanan menyampaikan penghargaannya atas pendampingan dan pengawalan APBN-P 2017 Yang dilaksanakan selama 2 bulan oleh alumni dan pemuda tani serta STPP Manokwari dan Univesitas Papua tersebut.

Senada dengan Maya, Jeannie pun berharap kegiatan (Pendampingan, red) ini berkelanjutan. “Karena di sini masih banyak lahan yang sangat potensi untuk budidaya kopi,” ujarnya.

Kegiatan tersebut ditutup dengan pemberian sertifikat bagi alumni dan pemuda tani, oleh Ketua STPP Manokwari, Dr. drh. Maya Purwanti. MS. Serta cenderamata dan buku kopi kepada dinas pertanian dan perikanan yang di wakili kabid produksi perkebunan. (***/PBOKe)

Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
error: Content is protected !!