Portal Berita Papua Barat

STPP Manokwari Tekankan Pembenahan Lembaga Ekonomi Petani Mansel

3
Lembaga Ekonomi Petani
Lembaga Ekonomi Petani – diskusi bersama para mantri tani dan penyuluh Oransbari.(Foto : Istimewa BPP Oransbari)
Oransbari, Papuabaratoke.comLembaga Ekonomi Petani. Sektor pertanian menjadi target utama pemerintah. Sehubungan hal tersebut, diperlukan upaya transformasi kelembagaan petani menjadi kelembagaan ekonomi petani.

Guna meningkatkan skala usaha/ekonomi dan efisiensi usaha serta posisi tawar petani sehingga menjadi kelembagaan ekonomi petani yang profesional, kuat dan mandiri.

Peningkatan kapasitas kelembagaan ekonomi petani diarahkan untuk membentuk koperasi atau badan usaha lainnya sesuai dengan kebutuhan, kultur petani dan potensi wilayah serta disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hal tersebut diungkapkan Yan Makabori, SP, M.Si, dosen STPP Manokwari saat melakukan diskusi bersama para mantri tani dan penyuluh Oransbari, beberapa waktu lalu.

“Dengan melakukan pembenahan kelembagaan ekonomi petani seperti koperasi pertanian. Dengan begitu para petani berusaha untuk sehat dalam pengelolaan keuangan.” Ujarnya

Sebagai sektor yang dianggap berisiko tinggi, ia menyambut baik upaya pemerintah fokus dalam pembiayaan kepada para petani.

Ia berharap skema baru akan memberi kesempatan pada petani untuk melakukan pembayarannya pada saat panen.

Untuk diketahui dalam amanat UU No 19 Tahun 2013 menekankan Perlindungan dan Pemberdayaan Petani,

dimana pemerintah dan pemerintah daerah dengan kewenganannya wajib mendorong dan memfasilitasi terbentuknya kelembagaan petani dan Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP). (*2/PBOKe)

Comments
error: Content is protected !!