Portal Berita Papua Barat

Kral Kandang Jepit Dan Pengadaan Hormon Disiapkan Dongkrak Program Ipsus Siwab

0 35
Dongkrak Program Ipsus Siwab
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua Barat, drh. Hendrikus Fatem. (Photo: *2/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.comDongkrak Program Ipsus Siwab.  Program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab) di Papua Barat, diklaim belum mencapai target.
Hal ini diungkap Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua Barat, drh. Hendrikus Fatem, Rabu (20/9/2017).

Menurutnya, hitungan tersebut berdasarkan realisasi per 17 September, dimana, di Kabupaten Fakfak, target sapi bunting 343 ekor masih meleset jauh dari harapan. Selain baru 7 ekor sapi yang bunting, tingkat kelahiran yang ditarget 220 ekor, juga baru mencapai 12 ekor.

Sementara, target 2.019 ekor sapi yang lahir di Manokwari, baru mencapai 160 ekor dan di Kabupaten Sorong baru 6 ekor sapi yang lahir dari target 1.813 ekor.
“Dilihat dari tiga kabupaten ini, masih sangat jauh dari target. Dari pembahasan dalam pertemuan, teradapat beberapa masalah di lapangan,” bebernya.

Sederet masalah yang dimaksud diantaranya pola pemeliharaan yang masih ekstensif (masih diumbar), banyak laporan yang belum disampaikan ke isiknas, petugas teknis tidak semuanya terlibat aktif dalam kegiatan, kurangnya petugas teknis di beberapa wilayah.
“Selain itu, yang paling penting adalah kurangnya ketersediaan hormon dan obat-obatan untuk melakukan sinkronisasi dan pengobatan,” papar Hendrikus.

Berdasarkan hasil rapat, pelaksanaan Upsus Siwab di Papua Barat menghasilkan rumusan masalah, diantaranya menentukan letak titik populasi sapi terbanyak, untuk kemudian dibangun kral kandang jepit.
Pengumpul ternak kegiatan Siwab Tahun Anggaran 2018 akan diberikan insentif, obat-obatan dan hormon penggerak birahi.

Pasalnya, sistem pemeliharaan yang masih ekstensif membutuhkan pendekatan peternak dengan cara pengobatan gratis.
“Target IB di Papua Barat hanya bisa dicapai dengan cara pelaksanaan sinkronisasi estrus,” pungkasnya. (*2/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com