Portal Berita Papua Barat

Siwab Siap Hadirkan 5 Ribu Sapi Di Papua Barat

0 39

Manokwari, Papuabaratoke.com – Pemprov Papua Barat optimistis mampu memenuhi target program Sapi Induk Wajib Bunting (Siwab) dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Papua Barat, Hendrikus Fatem, mengaku Manokwari mendapat jatah 11 ribu paket Strouw dan N2 cair yang disuntikan ke sapi induk siap bunting.
“Satu sapi dapat jatah dua sampai tiga kali suntik. Kita harap tahun 2017 hingga 2018 terdapat 5 ribu sapi yang lahir,” jelasnya kepada PBOke, Kamis (27 Juli 2017).

Sesuai laporan beberapa pekan lalu sudah ada 70 ekor sapi yang berhasil bunting melalui proses insiminasi buatan. Kawin suntik yang melibatkan penyuluh dari STPP Manokwari tersebut saat ini masih terus berlangsung.
“Petugas masih di lapangan untuk melakukan pendataan. Kesulitan kita karena warga memelihara sapi dengan cara dilepas tau liar,” bebernya.

Papua Barat sudah mandiri dalam mencukupi kebutuhan daging. Beberapa daerah di Provinsi Papua menerima pasokan daging dari Papua Barat.  “Manokwari sudah bisa mengirim hingga ke Nabire, Biak dan Jayapura. Ini bukti produksi daging sapi kita sudah surplus,” paparnya (THX/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com