Portal Berita Papua Barat

Kapolda PB Minta MRPB Kawal Perekrutan Anggota Polri

0 77
Perekrutan Anggota Polri, Kabid Humas Polda Papua Barat, AKBP Harry Supriono, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Barat, Brigjen Pol Rudolf Alberth Rodja
Perekrutan Anggota Polri – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Barat, Brigjen Pol Rudolf Alberth Rodja didampingi Wakapolda PB, Kombes Tatang saat menggelar pertemuan dengan MRPB, Senin (15/1/2018). (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

Manokwari,Papuabaratoke.com – Perekrutan Anggota Polri.  Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Barat, Brigjen Pol Rudolf Alberth Rodja meminta MRPB ikut mengawal perekrutan Anggota Polri Tahun Anggaran 2018 di lingkup Polda Papua Barat.

Dimana kuota rekrutmen anggota Polri di lingkup Polda Papua Barat, ditentukan yakni perbandingan 70 persen kategori putra-putri asli papua dan 30 persen pendatang atau non papua, pada pertemuan Kapolda PB dan MRPB, Senin kemarin.

Kabid Humas Polda Papua Barat AKBP Harry Supriono dikonfirmasi, Selasa (16/1/2018) Siang membenarkan pertemuan tersebut. Dimana dalam pembahasan tersebut guna menjalin kerjasama yang baik dan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku antara MPRPB dan Polri, khsususnya di jajaran Polda Papua Barat.

“Kapolda pada kesempatan itu meminta agar MRPB berperan sebagai pengawas eksternal dalam kegiatan perekrutan anggota polri tersebut,” ujar Harry.

Ia mengatakan dalam pertemuan itu diikuti oleh Wakapolda Papua Barat, Karo SDM Polda Papua Barat, Dir Intelkam Polda Papua Barat, Dir Binmas Polda Papua Barat, Kasat Brimob Polda Papua Barat, Ketua MRPB, dan Tokoh Adat, menentukan salah satu poin pembahasan tersebut adalah kuota pembagian jatah penerimaan sesuai dengan penerapan UU Otsus.

“Telah di sepakati yakni 70 persen diperuntukan khusus bagi OAP dan 30 persen bagi masyarakat umum, yang terdiri dari Perwira, Bintara, dan Tamtama. Selain itu, Kapolda juga menginstruksikan bila dikemudian hari ditemukan ada permainan disaat perekrutan supaya bisa di laporkan dan segera di tindak lanjuti,”
jelas Mantan Kapolres Bintuni ini.

Kabid Humas menegaskan, Kapolda ingin seleksi perekrutan anggota Polri tahun anggaran 2018 – 2019 menekan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis sehingga betul-betul terjaring anggota Polri yang layak dan berkualitas. Sehingga jangan menciderai citra Polri Komitmen bersama untuk perbaikan Polri.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
error: Content is protected !!