Portal Berita Papua Barat

DPD PSI Manokwari Ingin Keterwakilan Perempuan Lebihi 30 Persen

0 46
DPD PSI Manokwari
DPD PSI Manokwari – Ketua DPD PSI Manokwari, Patrix Barumbun Tandirerung, yang menyambut kedatangan bakal caleg yang mendaftar melalui DPD PSI Manokwari, yakni, bung, Maikel Herbert Rikoh Kondologit (Batik), Sabtu (3/2/2018). (Foto: Kris Tanjung/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – DPD PSI Manokwari.  Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia (DPD-PSI) menginginkan keterwakilan perempuan melebihi 30 persen atau batas minimal yang diatur oleh Undang-undang.

Hal ini diungkapkan, Ketua DPD PSI Manokwari, Patrix Barumbun Tandirerung, usai menerima berkas pendaftaran bakal calon legislatif (Caleg) di Sekretariat DPD PSI Manokwari, Jalan Trikora Taman Ria, Sabtu (3/2/2018) siang.

Ia mengatakan, DPD PSI menargetkan dari 4 dapil terisi oleh 25 caleg. Saat ini presentasi caleg, khusus yang maju melalui DPD PSI Manokwari, telah mencapai 80 persen.

“Dari 4 dapil ini, secara keseluruhan kuota caleg sudah 80 persen. Dan bahkan kita berharap keterwakilan perempuan di setiap dapil melampaui batas atau diatas 30 persen,” ucap Patrix.

Pasalnya kata dia, karena PSI merupakan salah satu partai yang mengutamakan responsif gender atau keterwakilan perempuan, termasuk dalam pencalegkan.

Lebih jauh dikemukakan, sebagaimana diketahui bahwa bakal caleg yang mendaftar melalui DPD PSI Manokwari, Sabtu (3/2/2018) siang, terdapat dua orang.

Yakni Zul Fitra Wassahua, S.S dan Maikel Herbert Rikoh Kondologit. Dan keduanya mendaftar pada dapil I, yang meliputi, Kelurahan Manokwari Barat, Kelurahan Amban, Kelurahan Padarni dan Kelurahan Manokwari Timur.

Menurut Patrix, dua pemuda yang memilih PSI sebagai kendaraan politik untuk maju dalam perhelatan kontestasi Pemilu 2019 khusunya di legislatif Manokwari, merupakan langkah dan sikap yang tepat.

Karena Bung Zul Fitra Wassahua lanjutnya, adalah salah satu kader PSI yang potensial dengan memandang latarbelakang keterlibatannya dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan seperti organisasi kepemudaan dan keolahragaan.

“Ini menjadi modal dan kekuatan bagi beliau (Bung Zul Fitra Wassahua, red) baik dalam konteks pemenangan untuk menggalang kominitas-komunitas,” pinta Patrix.

Sementara, bro Maikel Herbert Rikoh Kondologit yang dikenal sebagai aktivis lingkungan, memilki dasar pemahaman yang kuat dalam memahami keinginan rakyat, Manokwari khususnya.

“Ia adalah Ketua Perkumpulan Sobat Bumi Papua, dan aktif di Komunitas Sastra Jalanan Manokwari. Bro Maikel mendatangi basecamp DPD PSI diiringi sining tambur dan diantar oleh puluhan warga,” ucapnya.

Terakhir dikatakan, Patrix, saat ini keterwakilan bakal caleg laki-laki untuk DPD PSI Manokwari, sudah terpenuhi. Atau sudah 5 orang dari kuota 8 kursi. Dan kelimanya masih akan mengikuti proses seleksi atau penjaringan internal sehingga PSI nantinya dapat mengusung caleg yang tak diragukan lagi.

Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
error: Content is protected !!