Portal Berita Papua Barat

DPD PSI se- Papua Barat Akhirnya Dinyatakan Lolos Verifikasi Faktual

0 65
Lolos Verifikasi Faktual
Lolos Verifikasi Faktual – Ketua DPD PSI Manokwari, Patrix Barumbun Tandirerung (Kanan) saat menerima berkas bakal caleg dari PSI untuk DPRPB, Septi Meidodga (Kiri) di Sekretariat DPD PSI Manokwari, yang diantar oleh masyarakat dan tokoh adat dari Masni Kabupaten Manokwari, Senin (29/1/2018). (Foto: Kris Tanjung/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Lolos Verifikasi Faktual.  DPD PSI se- Papua Barat akhirmya dinyatakan lolos pada proses verifikasi faktual yang dilalukan oleh KPUD.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua DPD PSI Manokwari, Patrix Barumbun Tandirerung, pada Papuabaratoke.com, Kamis (1/2/2018).

Ia mengatakan, hasil yang dicapai ini, setelah DPD PSI yang ada di Kabupaten/kota, melakukan perbaikan pada proses verifikasi faktual sebagaimana petunjuk KPUD.

“Kami (DPD PSI Manokwari, red) bersyukur, akhirnya DPD se Papua Barat lolos verifikasi faktual. Ini juga hasil koordinasi yang solid antara DPD, DPW dan DPP yang benar-benar mengawal proses ini,” pintanya.

Menurut dia, verifikasi faktual merupakan proses yang rumit dan berat. Karena PSI wajib membuktikan secara faktual baik melalui sistem sampling acak maupun sensus keberadaan anggotanya.

“Tapi sekali lagi, ini juga hasil adanya komunikasi yang baik antara DPD PSI dengan KPUD,” ucap Patrix.

Khusus di Manokwari, sebagaimana diketahui, Patrix menyebutkan, bahwa yang lebih awal dinyatakan lolos verifikasi faktual adalah DPD PSI Manokwari. Sehingga pihaknya langsung melakukan proses penataan organisasi untuk mengefisienkan waktu guna menghadapi Pemilu 2019.

“DPD PSI Manokwari juga sudah mulai menjaring bakal caleg untuk Pemilu legislatif di Manokwari tanpa mahar. Mekanisme penjaringan dilakukan secara normatif AD/ART PSI yang mengatur mekanisme penjaringan yang dimulai dari bawah,” terangnya.

Pengurus di tingkat kecamatan mengusul bakal calon anggota DPRD kabupaten sementara yang kemudian direkomendasikan oleh pengurus di tingkat kabupaten ke DPW sebelum ditetapkan oleh dewan pimpinan pusat PSI.

“Meski begitu, komite penjaringan di tingkat kabupaten juga tetap menerima pendaftar yang mengajukan diri secara individual. Untuk caleg DPR Papua Barat, usulannya berangkat dari pengurus di tingkat kabupaten/kota. Tapi komite penjaringan di tingkat provinsi juga bisa menerima pendaftar yang mengajukan diri secara individual,” jelas Patrix.

Baca Juga:  Geledah Kantor Kesbangpol PB, Kejari Kantongi Bukti Kuat Jerat Calon Tersangka
Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com