Portal Berita Papua Barat

Kasek Bawaslu Bantah Belum Laporkan Dana Hibah Pilkada Gubernur

0 8
Dana Hibah Pilkada Gubernur
Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Papua Barat, La Bayoni ( photo : ARF/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.comDana Hibah Pilkada Gubernur.  Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelontorkan ratusan miliar rupiah untuk membiayai penyelenggaraan pilkada gubernur Papua Barat 2015. Dari Jumlah itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua Barat mengelola 87 miliar.

Kepala Sekretariat (Kasek) Bawaslu, La Bayoni, Rabu (20/9/2017) mengatakan, laporan pertanggungjawaban keuangan dana pilkada gubernur telah dilalorkan. Tidak benar jika Bawaslu belum laporkan penggunaan dana.
“Yang belum disampaikan itu laporan dana hibah tahun 2012-2015. Saat itu, saya belum menjabat. Dana hibah pilgub sudah disampaikan ke gubernur dan Bawaslu RI,” katanya.

Laporan dana hibah ini, lanjutnya, sudah dievaluasi oleh Bawaslu RI. Bahkan, BPK RI juga telah memeriksa laporan keuangan tersebut.
“Bawaslu Papua Barat dapat Bawaslu Award untuk pengelolaan dana hibah pilkada gubernur. Ini membuktikan kemampuan kami,” ujarnya.

Meski demikian, Panwaslu di sejumlah kabupaten belum menyelesaikan administrasi pelaporan keuangan kepada Bawaslu Provinsi.
Menurut La Bayoni, sejumlah Panwaslu tersebut sudah mengonfirmasikan segera melaporan penggunaan dana hibah.

“Misalnya, Kabupaten Fak-fak, Manokwari, dan Manokwari Selatan sudah menyampaikan akan menyerahkan laporannya. Temuan yang signifikan atau terkait pemeriksaan tidak ada. Hanya administratif,” bebernya.
Sebelumnya, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setda Provinsi Papua Barat, Abia Ullu mengungkapkan, baik KPU maupun Bawaslu belum melaporkan penggunaan dana hibah pilkada gubernur. (ARF/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!