Portal Berita Papua Barat

KPU Nyatakan Berkas Perindo ‘MS’, Bonepai: Tugas Kita Belum Selesai.

0 27
Berkas Perindo
Berkas Perindo – Komisioner KPU Prov. PB, Yotam Senis menyerahkan dokumen hasil penelitian kepada Ketua DPW Partai Perindo Papua Barat, Marinus Bonepai.(Foto: Razid/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Berkas PerindoTahapan verifikasi faktual yang dilakukan KPU Provinsi Papua Barat terhadap dokumen partai Persatuan Indonesia (Perindo), Selasa (19/12/2017), berjalan lancar. KPU nyatakan, dokumen parpol yang terdiri dari kuota 30 persen keterwakilan perempuan, kepengurusan di tingkat provinsi, dan status kepemilikan kantor, semuanya MS alias memenuhi syarat.

“Secara garis besar, item yang diperiksa sesuai dengan fakta yang ditemui. Hasilnya akan dituangkan dalam berita acara. Tetapi harus diingata bahwa hasil verifikasi faktual bukan akhir tapi ini adalah bagian dari seluruh rangkaian yang harus dilalui oleh partai politik dan akan berakhir pada Februari mendatang,” kata Komisioner KPU PB, Yotam Senis di sela penyerahan salinan dokumen hasil verifikasi.

Dikatakan, hasil verifikasi di tingkat provinsi ini masih akan disandingkan dengan hasil verifikasi di tingkat kabupaten dan kota. Dengan prosentasi kepengurusan minimal di tingkat distrik adalah 50 persen, tingkat kabupaten/kota 75 persen, dan tingkat provinsi wajib 100 persen.

“Di Papua Barat tahapan verfikasi faktual sudah dilakukan terhadap PSI, kemarin. Dan hari ini adalah Perindo. Khusus perindo, semua dokumennya MS,” ujar Yotam.

Tahapan verifikasi ini juga disaksikan oleh
Bawaslu Provinsi Papua Barat. Kasubag. Hukum dan Penindakan Pelanggaran, Arifin Goulap bersama sejumlah stafnya mengawasi langsung proses yang dimulai sejak pukul 10.00 -11. 00 WIT itu.

(Kiri-kanan). Kasubag Hukum dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Prov. Papua Barat, Arifin Goulap, Ketua DPW Partai Perindo PB, Marinus Bonepai, dan Komisioner KPU PB, Yotam Senis saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media. KPU nyatakan dokumen Perindo memenuhi syarat.

Pengawasan terhadap proes verifikasi faktual berjalan lancar. Belum ditemukan pelanggaran. Bicara vaktual kita lihat apa yang ada di dalam sipol ada di dalam dokumen. Termasuk tiga item tadi ada. Proses ini sesuai peraturan yang berlaku,” kata Goulap.

Baca Juga:  Meski KPU Nyatakan Tak Lolos, Garuda Optomis Jadi Peserta Pemilu 2019

Sesuai jadwal, KPU akan menyerahkan dokumen hasil penelitian pada 22 Desember mendatang.

Ketua DPW Perindo PB, Marinus Bonepai mengapresiasi kerja KPU dan Bawaslu. Ia menilai, tahapan verifikasi yang dakukan di tingkat kabupaten/kota hingga provinsi berjalan baik termasuk koordinasi KPU dengan pengurus perindo cukup maksimal.

“Semoga perindo bisa jadi peserta pemilu 2019, sehingga politisi muda perindo bisa mendapat tempat untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah dan nasional,” ucap Bonepai.

Ditambahkan, meski semua dokumen penelitian hasilnya MS. Bukan berarti tugas dan kerja pengurus parpol selesai. Khusus bagi DPD dan DPC harus lebih meningkatkan koordinasi terkait item-item yang diverifikasi

“Harapkan proses ini bisa antar perindo menjadi peserta pemilu 2019. Hasil ini tidak membuat kita puas. Tugas kita belum selesai. Juga tidak benar jika tahapan verifikasi ini mudah dilalui oleh perindo karena kapasitas ketua umum kami. Isu ini yang disebarkan adalah tidak benar,” tandasnya.

Penulis: Razid
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!