Portal Berita Papua Barat

Pastikan Data Pemilih Valid, KPU se Papua Barat Sasar Rumah Warga

0 50
KPU se Papua Barat Sasar Rumah Warga
KPU se Papua Barat Sasar Rumah Warga – Bupati Kabupaten Manokwari, Demas Paulus Mandacan (Kanan), Ketua KPU Papua Barat, Amus Atkana (Kiri) dan Ketua KPU Kabupaten Manokwari (Tengah) usai validasi data di rumah jabatan Bupati dengan menempel stiker sebai tanda telah dilakukan valkdasi, Selasa (17/4/2018).(Foto: Kris Tanjung/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.com – KPU se Papua Barat Sasar Rumah Warga.   Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota se- Papua Barat kembali menyasar rumah-rumah warga calon pemilih pada pemilu 2019 mendatang.

Pantauan langsung Papuabaratoke.com, coklit atau validasi data pemilih ini diantaranya dilakukan oleh Panitia Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) KPU Kabupaten Manokwari, Selasa (17/4/2018).

Pantarlih ini terdiri dari 3 sampai 4 orang dan tersebar di Kabupaten Manokwari dan didampingi tim dari KPU Provinsi PB yang juga terdiri dari beberapa kelompok.

Terpanatu, Tim Pantarlih meyambangi kediaman atau rumah jabatan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Manokwari, Demas Paulus Mandacan-Edi Budoyo sekira pukul 10.00 WIT dan melakukan validasi, seperti daftar kartu keluarga, (KK) dan KTP.

Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo saat menerima tim Pantarlih KPU Manokwari, yang melakukan validasi data pemilih di rumah jabatannya, Selasa (17/4/2018).(Foto: Kris Tanjung/PBOke)

Pantarlih, juga mendatangi rumah dan bertemu Kepala Suku Besar Maikesa Obet Ayok di Jalan Poros Arfai Distrik Manokwari Selatan dan Rumah Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Papua Barat, Ali Kuaras.

Kasubag Teknis dan Hubmas KPU Papua Barat, Ihksan Payapo yang ditemui dalam kesempatan tersebut menuturkan, kehadiran KPU Papua Barat dalam validasi data ini, untuk mendampingi Pantarlih.

Dan kata dia, tim dari KPU Papua Barat juga tersebar di beberapa kabupaten/kota, yang bertugas memantau langsung pelaksanaan coklit atau validasi data pemilih tersebut.

Kepala Suku Besar Maikesa Obet Ayok (Kiri) saat menerima tim Pantarlih KPU Manokwari, yang melakukan validasi data pemilih di rumah ke diamannya Jalan Poros Arfai Distrik Manokwari Selatan, Selasa (17/4/2018). (Foto: Kris Tanjung/PBOKe)

“Kita (KPU Papua Barat, red) khusus di Kabupaten Manokwari, terbagi 3 kelompok ikut mendampingi pelaksanaan coklit di rumah-rumah warga ini. Ada di Distrik Manokwari Barat, Distrik Manokwari Timur dan Distrik Manokwari Selatan. Tujuannya untuk mewujudkan data pemilih yang valid sehingga bisa digunakan pada pemilu serentak 2019,” terang Ihksan.

Ia menuturkan, bahwa pencoklitan serentak secara nasional ini dimulai pada Senin, 17 April hingga 17 Mei 2018. Untuk itu, pihaknya juga menghimbau Kepada masyarakat di Kabupaten Manokwari dan umumnya seluruh mayarakat Papua Barat, untuk ikut berpartisipasi maksimal dalam proses validasi data yang berjalan selama satu bulan kedepan.

Sementara itu, Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Manokwari, Demas Paulus Mandacan-Edi Budoyo mengapresiasi upaya yang dilakukan KPU RI melalui perangkatnya yakni KPU Provinsi dan kabupaten/kota khususnya di Papua Barat, untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas melalui validasi data pemilih.

“Tentu ini adalah upaya penyelenggara mewujudkan pemilu yang adil dan merata dengan memastikan mana yang dimaksud sebagai pemilih yang betul-betul pemilih. Kita harus apresiasi kepada KPU RI khususnya di Manokwari dan umumnya di Papua Barat,” ujar Demas.

Senada, Kepala Suku Besar Maikesa Obet Ayok, mengatakan, pelaksaan validasi data ini merupakan wujud untuk menghadirkan pelaksanaan pemilu yang adil dan damai.

Kepala Dinas Dukcapil Papua Barat, Ali Kuaras bersama tim Pantarlih dan tim dari KPU Papua Barat, menempel stiker sebagai tanda telah divalidasi sebagai pemilih, Selasa (17/4/2018). (Foto: Kris Tanjung/PBOKe)

Ia pun berharap, penyelenggaraan pemilu 2019 mendatang berjalan jauh lebih baik dan berkualitas. “Saya apresiasi upaya yang dilakukan KPU, karena betul-betul nyata mensatangi rumah-rumah warga hanya untuk memastikan validasi data pemilih. Hal ini sangat baik dan kita harapkan pemilu 2019 ini lebih baik lagi dan aman serta penuh kedamaian,” pintanya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Papua Barat, Ali Kuaras, juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Manokwari khususnya dan Umumnya masyarakat di Papua Barat, berpartisipasi menerima dan memperlihatkan data-data yang diperlukan dalam validasi yang dilakukan oleh Pantarlih tersebut.

“Sebagai warga Negara Indonesia yang baik, mari kita semua ikut mendukung penyelenggaraan pemilu 2019 dengan bersedia memperlihatkan data-data seperti KK dan KTP kepada petugas untuk divalidasi sehingga kita bisa tau apakah kita sudah masuk dalam daftar pemilih atau belum. Karena ini sangat bemfaat untuk kita semua,” serunya.

Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!