Portal Berita Papua Barat

Pembentukan Partai Lokal di Papua Barat Terganjal Niat Dan Keseriusan

0 87
Partai Lokal di Papua Barat
Partai Lokal di Papua Barat – Ketua DPR Papua Barat, Pieters Kondjol yang ditemui usai mengikuti coffe morning atau tatap muka bersama jajaran Polda Papua Barat, forkopimda dan tokoh lintas agama Provinsi Papua Barat, di Niu Aston Hotel Manokwari, Kamis (22/22/2018). (Foto: Kris Tanjung/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Partai Lokal di Papua Barat.  Pembentukan partai lokal di Papua Barat hingga kini dinilai masih terganjal tak adanya niat dan keseriusan.

Pernyataan ini diungkapkan Ketua DPR Papua Barat, Pieters Kondjol yang ditemui Papuabaratoke.com usai mengikuti coffe morning atau tatap muka bersama jajaran Polda Papua Barat, forkopimda dan tokoh lintas agama Provinsi Papua Barat, di Niu Aston Hotel Manokwari, Kamis (22/22/2018).

Kondjol menuturkan, semestinya semua pihak memiliki keseriusan dan niat guna mendorong terbentuknya partai lokal di Papua Barat sejak dahulu.

“Saya sampai hari ini melihat, tidak ada niat, katakanlah masyarakat lokal yang ingin membentuk partai lokal di (Papua Barat, red) sini. Karena masih mengandalkan partai-partai nasional yang ada,” jawab Kondjol, yang ditanya apa kendala yang menyebabkan Papua Barat belum memiliki partai lokal sebagaimana Provinsi Aceh dengan kekhususannya mampu melahirkan empat partai lokal.

Dia menuturkan, meski diakuinya sebagaimana yang diamanatkan oleh UU nomor 21 tahun 2001 yang diubah dengan UU nomor 35 tahun 2008 tentang Otsus Papu Barat, bahwa kapasitas untuk terbentuknya partai lokal ada di DPR Papua Barat. Namun kata dia, yang lebih berperan dalam mendorang hal ini ialah fraksi Otsus di DPR Papua Barat.

“Sebenarnya kalau kita merujuk pada tugas dan funsgsi hirarki, yang harus lebih berperan mendorong dan percepatan pembentukan partai lokal ini adalah teman-teman (Anggota DPR PB red) di fraksi otsus. Dan bukan berarti kami dari partai politik nasional tidak menghendaki adanya partai lokal,” terangnya.

Menurutnya, hingga saat ini, secara internal, di DPR Papua Barat belum pernah membahas secara resmi terkait pembentukan partai lokal. Meski demikian, kata dia, hal ini perlu didorong baik oleh MRPB dan DPR PB dalam hal ini fraksi otsus sehingga malakukan kajian-kajian.

Baca Juga:  Caleg PKS 2019 Harus Pahami Kondisi Akar Rumput

“Kita tidak harus saling lempar dan menyalahkan. Memang perlu ada niat dan keseriusan yang sungguh-sungguh guna percepatan pembentukan partai lokal di daerah ini. Pada prinsipnya kami dari parpol nasional membuka diri dan medukung,” pungkas Kondjol.

Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com