Portal Berita Papua Barat

Perubahan Dapil Teluk Wondama Menunggu Persetujuan KPU Pusat

0 107
Perubahan Dapil Teluk Wondama
Perubahan Dapil Teluk Wondama Menunggu Persetujuan KPU Pusat
Wasior, Papuabaratoke.com – Perubahan Dapil Teluk Wondama.  Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Teluk Wondama telah mengajukan perubahan daerah pemilihan (Dapil) ke KPU Pusat.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Abdila Tulus mengatakan, perubahan dapil telah diujipublikan pada 10 Februari. Hasilnya, masyarakat menyepakati 3 dapil dengan skema 10 : 5 : 5.
“Dari ketiga usulan yang kita ajukan, dapil yang diterima oleh semua pihak adalah tiga dapil dengan komposisi kursi 10 : 5 : 5,“ jelas Abdila.

Adapun skema perubahan dapil pada pemilu 2019, pertama, 3 dapil dengan cakupan wilayah yang sama sebagaimana pada pemilu sebelumnya.

Hanya alokasi kursi yang berubah, yaitu dapil I 10 kursi, dapil II 5 kursi dan dapil III 5 kursi. Pemilu sebelumnya, alokasi kursi adalah dapil I 10 kursi, dapil II 4 kursi dan dapil III 6 kursi.
Kedua, daerah pemilihan yang sebelumnya hanya 3 ditambah satu menjadi 4 dapil. Satu dapil baru diperoleh dari memecah daerah pemilihan III menjadi dua dapil.

Alokasi kursinya berubah menjadi dapil I 10 kursi, dapil II 4 kursi sedangkan dapil III dan IV masing-masing 3 kursi. Serta skema ketiga hanya ada dua daerah pemilihan dengan alokasi kursi yakni Dapil I 11 kursi dan Dapil II 9 kursi. “Kita tinggal menunggu hasilnya,“ ungkap Abdila.

“Usulan perubahan dapil ini kita ajukan dengan pertimbangan terjadi pertumbuhan penduduk. Juga pertimbangan adat istiadat, secara kohesivitas kebiasaan hidup orang di selatan dan utara berbeda juga hubungan integral wilayah dan transportasi, “jelas Abdila menambahkan.

Penulis : Vio
Editor : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com