Portal Berita Papua Barat

Singgung Hasil Seleksi MRP PB, ELSHAM : Kok Tak Ada Wakil Perempuan Muslim Fakfak ?

0 6
Koordinator ELSHAM Papua di Fakfak, Freddy Warpopor, SE

Manokwari, Papuabaratoke.com  – ELSHAM Papua Pos Kontak Fakfak, Lembaga Hak Asasi Manusia (HAM) yang konsen mendampingi komunitas Perempuan korban kekerasan, buka suara terkait hasil 84 nama calon anggota MRP Papua Barat.

Koordinator ELSHAM Papua di Fakfak, Freddy Warpopor, SE, mengungkap MRP PB merupakan lembaga reprenstase kultur Orang Asli Papua (OAP), memiliki wewenang tertentu dalam rangka perlindungan hak OAP.

Hal ini sejalan berlandaskan pada penghormatan terhadap Adat, Budaya, pemberdayaan Perempuan dan pemantapan kerukunan hidup beragama, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Otsus Nomor 21 Tahun 2001.

Ia menilai akan sangat adil dan bijaksana serta representatif jika ada perempuan Muslim Papua asal Fakfak yang masuk dalam keanggotaan MRP Papua Barat Periode 2017-2022. Hal ini dipandang dari latar belakang konteks keberagaman Agama di Fakfak.

“Kami menilai panitia tidak bisa menyamakan Fakfak dengan daerah lain, karena Fakfak memiliki nilai adat yang sudah di jaga sejak turun-temurun, sebagai nilai-nilai sosial yang menyatukan dan mendamaikan,” tulisnya dalam rillis kepada PBOke, Jumat (25 Agustus 2017).

Atas nama ELSHAM Papua pos kontak Fakfak, ia mengaku keberatan dengan hasil seleksi 84 nama yang sudah diserahkan kepada Gubernur Papua Barat. Alasan keberatan paling mendasar menurutnya adalah tidak adanya calon yang mewakili perempuan muslim dari Fakfak. Dengan demikian, tidak menggambarkan dan mewarisi nilai-nilai adat dan budaya yang diwariskan.

“Selamatkan Budaya tersisa sebelum habis sama sekali. Ingat, Budaya yang hilang tak mungkin ditemukan kembali,” tandasnya.Saat ini hasil seleksi sudah berada di tangan Gubernur Papua Barat. Dan, dalam waktu dekat akan diumumkan 42 nama sebagai anggota MRP PB Periode 2017-2022. (ARN/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!