Portal Berita Papua Barat

Perkuat Kemampuan Manajerial SDM Pengelola Dana Desa

0 32
Perkuat Kemampuan Manajerial SDM
Perkuat Kemampuan Manajerial SDM – Anggota DPR Papua Barat Bram Goram Gaman bersama masyarakat Kabupaten Raja Ampat dalam kegiatan reses. (Foto : Bram Goram Gaman untuk papuabaratoke.com)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Perkuat Kemampuan Manajerial SDM.  Alokasi dana desa (ADD) yang dikucurkan di tiap desa/kampung di Wilayah Provinsi Papua Barat perlu didukung dengan SDM yang mumpuni.

Anggota DPR Papua Barat Bram Goram Gaman mengatakan kapasitas manajerial SDM pengelola dana desa (DD) dan kuantitas SDM pendamping di Kabupaten Raja Ampat masih sangat terbatas. Butuh perhatian pemerintah daerah setempat.

“Kurangnya SDM pendamping di kampung/desa membuat realisasi dana terlambat. ini karena kemapuan membuat laporan pertangung jawaban masih butuh pembinaan. Kemampuan manajerial pengeloloa dana desa harus ditingkatkan,” kata Bram.

Anggota fraksi otsus DPR Papua Barat (DPR PB) perwakilan masyarakat adat Raja Ampat ini, mengemukakan kondisi tersebut diketahui setelah melakuan reses pertama tahun 2018, baru-baru ini di darah itu.

Dia mengatakan, kemampuan manajerial SDM pengelola DD harus ditingkatkan melalui pelatihan dan pendampingan secara rutin.

“Kita tidak berharap penggunaan dana desa ini berbuntut masalah hukum. SDM ini harus jadi perhatian pemerintah daerah. Perlu alokasi anggaran buat tingkatkan kemampuan manajerial pengelola anggaran,” ungkapnya berharap.

Perkuat Kemampuan Manajerial SDM
Perkuat Kemampuan Manajerial SDM – Baliho berisikan tentang informasi penggunaan dana desa di Kabupaten Raja Ampat. Jumlah tenaga pendamping dan kapasitas manajerial pengelola dana desa harus menjadi perhatian. (Foto: Bram Goram Gaman untuk papuabaratoke.com)

 

Baca Juga:  Ruas Waisai – Saporkren Belum Dilengkapi dengan Penerangan

Jika kemampuan manajerial tidak ditingkatkan, lanjut Bram, maka program yang dilaksanakan dan dibiayai dengan dana desa tidak bisa maksimal. Dari segi aspek manfaat, akan terasa kurang menyentuh kebutuhan masyarakat.

“Pelaporan penggunaan dana desa sudah cukup transparan. Sekarang yang diperlukan adalah menambah jumlah SDM pendamping, juga meningkatkan kemampuan manajerial kepala kampung atau desa,” ujarnya lagi.

Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!