Portal Berita Papua Barat

Raja Ampat Miliki Ribuan Pulau, Bupati AFU : Obor Yang Terus Nyalakan Kedamaian

0 66
Raja Ampat Miliki Ribuan Pulau
Raja Ampat Miliki Ribuan Pulau – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan saat membuka secara resmi rapat kerja (Raker) bupati/walikota se Provinsi Papua Barat di Gedung Pari Convention Center, Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Selasa (20/3/2018). (Foto: Hanas Warpur/PBOKe)
Raja Ampat, Papuabaratoke.com – Raja Ampat Miliki Ribuan Pulau.  Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati (AFU) mengatakan, Kabupaten Raja Ampat memiliki potensi pariwisata yang mendunia serta kekayaan sumber daya yang melimpah, di antaranya kelautan-perikanan dan keaneka ragaman hayati terunik di dunia.

Dijelaskan Umlati, Kabupaten Raja Ampa terdiri atas 24 distrik, 117 kampung dan 4 kelurahan. Kemudian memiliki 2713 buah pulau besar dan pulau kecil, bahkan rata-rata hampir 80 % wilayahnya merupakan perairan laut dan 20 % daratan.

Baca Juga:  Di Raker Bupati-Walikota, Gubernur Dominggus Kembali Ingatkan Budaya Jujur dan Bersih

Kata Umlati, untuk 96 % wilayahnya ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai zona cagar alam dan konservasi, sehingga menjadi tantangan yang unik pula dalam pelaksanaan proses pembangunan.

Selain memiliki pesona wisata yang mendunia, kata dia, Raja Ampat juga menjadi satu simpul peradaban leluhur yang dibangun dan ditenun dalam bingkai multikulturalisme memiliki latar belakang yang unik dan khas dengan adat masyarakat yang menjunjung tinggi peradaban toleransi kedamaian.

“Oleh karena itu, Raja Ampat tak hanya menjadi destinasi wisata dunia tetapi juga menjadi obor yang terus menyalakan damai dan sukacita di seluruh tanah Papua,” ujarnya.

“Dalam kurun waktu 15 tahun, kabupaten ini berdiri, maka sejak saat itu pula pemerintah dan masyarakat bersatu padu, bersama sama saling bahu membahu bangkit, bergerak membangun dan mengejar tujuan mulia, yaitu mensejahterakan dan memakmurkan seluruh masyarakat di negeri para raja ini,” tutup Umlati disela-sela sambutan pada acara pembukaan Raker Bupati/Walikota, Selasa (20/3/2018).

Penulis : Hanas Warpur
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!