Portal Berita Papua Barat

Syukuran Natal Bersama Pemprov Papua Barat, Penuh Pesan Hikmat

0 18
Natal Bersama Pemprov
Natal Bersama Pemprov – Pendeta Alexander Mandowen, S.Th saat menyampaikan Khotbah dalam ibadah syukuran Natal 2017 dan tahun baru 2018, di lapangan Borarsi Manokwari, Jumat (05/01/2018) malam. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Natal Bersama Pemprov.  Ibadah syukuran Natal 25 Desember 2017 dan tahun baru 2018 bersama, yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat, berjalan penuh dengan pesan hikmat.

Dalam ibadah syukuran yang dilaksanakan, Jumat (05/01/2018) malam, di lapangan Borarsi, Manokwari tersebut
dihadiri langsung Gubernur dan wakil Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani dan seluruh
pegawai lingkup Pemprov Papua Barat serta Masyarakat.

Pendeta Alexander Mandowen, S.Th dalam khotbahnya mengatakan, damai Natal selalu menjadi bagian dari
seluruh masyarakat di muka bumi dan damai Natal memberikan berkat bagi semua.

Ia menuturkan, sebab ALLAH Imanuel yang berarti ALLAH beserta umatnya, kasihnya tak akan pernah berhenti. Terlebih khusus dalam keluarga besar pemerintahan Papua Barat dan Masyarakat.

Pdt. Mandowen saat membacakan refleksi alkitab kepada umat yang hadir, mengutip dalam Kitab Matius 1:21. berbunyi :
“Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan
umat-Nya dari dosa mereka”, kiranya menjadi dasar penguatan pemerintah dan masyarakat Papua Barat untuk meyakini bahwa damai natal itu akan selalu hadir dan tak akan pudar berkesudahan.

“Biarlah kita menjadi orang-orang majus yang diutus Tuhan untuk mau hidup rukun dan damai di tanah Papua Barat. Dan meyakini damai Natal itu tak akan berkesudahan. Sebab YESUS adalah terang dan air kehidupan, damai natal yang menyelamatkan semua orang,” pinta Pdt. Mandowen dalam sepatah makna Khotbah natalnya.

Sementara Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengatakan, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN),
pegawai harus bergerak maju mempercepat proses pembangunan dengan berlandaskan kasih.

Baca Juga:  Saatnya Perempuan Arfak Bergandeng Tangan Hadapi Globalisasi
Natal Bersama Pemprov
Natal Bersama Pemprov – Gubernur dan wakil Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani, saat menghadiri ibadah syukuran Natal 2017 dan tahun baru 2018, di lapangan Borarsi Manokwari, Jumat (05/01/2018) malam. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

Sesuai dengan Thema dalam ibadah syukuran ini, yakni melalui perayaan Natal 2017 dan tahun baru 2018, dia mengajak seluruh lapisan membangun dengan hati, mempersatukan dengan kasih menuju Papua Barat yang Maju, Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat.

“Makna Natal mari kita introspeksi tentang pesan damai natal. Kita juga harus menjaga kebersamaan antar sesama, sikapi isu negatif dengan kepala dingin tidak terprofokasi. Mari jaga kesatuan dan toleransi umat beragama di Papua Barat, dan jaga lingkungan kota ini bersih dari sampah, narkoba dan Alkohol,” pesan Dominggus dalam sambutannya.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan ibadah syukuran ini, Musa Kamudi menambahkan, perayaan ibadah syukur Natal dan sambut tahun baru ini, kali pertama dilakukan dalam kepemerintahan, Dominggus Mandacan dan Mohamad Lakotani.

Dia menyebutkan, dimana momentum ibadah syukuran Natal, selalu dinanti oleh umat Kristiani, untuk mengaktualisasikan kasih, dan iman antar sesama.

“Karena kita (Pemerintah) terus melakukan revolusi mental dengan merubah sikap agar budaya kebersamaan dan gotongroyong tetap dijaga. Sehingga melalui makna Natal ini, dapat terus memperat tali silaturahmi dan kerukunan antar umat beragama tanpa membedakan Suku, Ras dan Golongan,” imbuh Kamudi.

Turut hadir dalam ibadah syukuran tersebut, unsur Forkopimda Papua Barat, Kepala SKPD Pemprov Papua Barat, FKUB Papua Barat dan seluruh pegawai di lingkup Pemprov serta Masyarakat Manokwari.

Editor : Kris Tanjung
Penulis : Adrian Kairupan
Comments
Loading...
error: Content is protected !!