Portal Berita Papua Barat

Aisandami, Kampung Pariwisata Dengan Beragam Keunikan Budaya

0 90

Wasior, Papuabaratoke.comKampung Aisandami resmi menyandang predikat sebagai Kampung Wisata pertama di Kabupaten Teluk Wondama.

Ibukota Distrik Teluk Duairi ini, menawarkan paket ekowisata dengan menjual keindahan panorama alam di darat, pesisir maupun bawah laut.

Ada pula atraksi budaya berupa tarian-tarian adat dan kesenian asli serta tradisi unik lainnya seperti tokok sagu, permainan tradisional Aikikis serta aktivitas ‘Bameti’ di kali untuk mengumpulkan kerang bia dan kepiting bakau.
Peluncuran paket ekowisata kampung Aisandami dilakukan usai upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72, Kamis (17 Agustus 2017).

Bupati Bernadus Imburi bersama Wakil Bupati Paulus Indubri, didampingi unsur Muspida, menandai dengan pemukulan tifa dan pembukaan selubung papan nama.

“Wondama punya potensi wisata cukup besar. Hari ini kita mulai dari kampung ini. Kedepan kita harus lakukan pengembangan terus untuk kemajuan pariwisata Wondama,” ujar Bupati.

Ia menekankan potensi wisata yang cukup menjanjikan di Wondama akan mubazir jika tidak dikelola dengan baik dan berkelanjutan. Tak cukup hanya dengan manajemen pengelolaan yang baik, aspek yang tidak kalah penting adalah keramahtamahan masyarakat.

Bupati juga menegaskan agar kebiasaan mabuk-mabukan dihilangkan. Sebab hal itu membuat wisatawan terganggu dan merasa tidak nyaman.

“Orang tidak akan datang nikmati alam yang bagus ini jika banyak orang mabuk di tempat ini. Stop dengan mabuk. Katakan jangan pada miras dan narkoba,” tandasnya.

Pengembangan wisata di Asandami sendiri mulai dirintis Tahun 2010. Pemkab melalui sejumlah instansi terkait seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup dan Bappeda, bersama WWF Indonesia, mendorong warga setempat untuk menjadikan pariwisata sebagai produk unggulan kampung.

“Pada hari kemerdekaan, kami masyarakat Aisandami telah siap menerima kunjungan wisata yang ramah lingkungan,” beber Tonce Somisa, Manajer kelompok usaha wisata Teluk Teduh Kampung Aisandami.
Keunikan budaya yang ditampilkan adalah keindahan alam, atraksi burung Cenderawasih dan hasil kerajinan tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh. (VIO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com