Portal Berita Papua Barat

Raperdasus DBH Migas Terus Digenjot, Bupati Kasihiw: Harus Bisa Jamin Daerah Penghasil

0 23
Raperdasus DBH Migas
Raperdasus DBH Migas – Bupati Teluk Bintuni Ir Petrus Kasihiw, MT. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.comRaperdasus DBH Migas.  Sebagai salah satu daerah penghasil Minyak Bumi dan Gas, Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw mengatakan dengan tegas telah berupaya mendorong percepatan penetapan Raperdasus DBH Migas menjadi Perdasus sebagai salah satu penguatan terhadap pengelolaan Dana Bagi Hasil (DBH) Migas Di Kabupaten Teluk Bintuni.

“Selama ini yang terjadi adalah masih tidak menggambarkan aspek keberpihakan kepada daerah penghasil. Hal inilah yang kerap menimbulkan pemicu dan gesekan antara masyarakat adat dan pihak perusahaan serta pemerintah daerah,” ujar Bupati Teluk Bintuni Ir Petrus Kasihiw, MT di Bintuni, Selasa (12/6/2018).

Petrus Kasihiw mengungkapkan, Raperdasus DBH Migas ini sudah 10 tahun dirindukan untuk menjadi Perdasus keberpihakan kepada daerah penghasil baik pemerintah maupun masyarakat adat.

“Tujuan dari semua ini, yang kita harapkan agar hak kita sebagai daerah penghasil Migas lebih besar, sehingga beban pembangunan dan beban masyarakat adat yang sampai hari ini masih menjadi polemik dapat teratasi,” ucap Petrus Kasihiw.

Lanjut dia mengemukakan, Raperdasus DBH Migas harus segera didorang untuk menjawab persoalan yang selama ini terjadi di daerah penghasil. Sehingga, Raperdasus DBH Migas yang sudah di bentuk di tingkat Provinsi, dapat memberikan ruang bagi pembentukan Perdasus Kabupaten penghasil untuk mengatur hal-hal yang dianggap urgent tentang pengelolaan dana bagi hasil dari Minyak dan Gas tersebut.

“Salah satunya adalah mengatur penggunaan dana abadi untuk penyeimbangan distrik penghasil,” cetusnya.

Bupati Piet berharap, melalui segala bentuk tindakan dan ide gagasan yang telah dituangkan dalam raperdasus terkait pembagian dana bagi hasil tersebut, dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Papua Barat khususnya di Kabupaten Teluk Bintuni.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com